Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaDonat Kentang Renyah, Resep ala Master Chef

Donat Kentang Renyah, Resep ala Master Chef

Bogordaily.net – Salah satu camilan yang cukup digemari oleh berbagai kalangan salah satunya yakni kentang. Ingin tahu cara membuat kentang dengan Resep ala Master Chef.

Biasanya, kentang ini dihidangkan dengan taburan gula halus di atasnya. Kekinian, tak jarang beberapa pedagang kentang memberikan isian berupa selai cokelat atau strawberry di dalamnya.

Namun, tidak semua kentang teksturnya dapat renyah sempurna jika diolah dengan cara yang kurang tepat. Nah kali ini akan diulas bagaimana membuat kentang renyah dengan resep ala Master Chef

Nah, untuk langkah tepat agar adonannya renyah sempurna, belum lama ini Chef Devina Hermawan membagikan tips kentang melalui channel YouTube miliknya.

Berikut kami rangkum dari YouTube Chef Devina Hermawan dan laman Hops.id—Jaringan Suara.com tips kentang anti kempes yang bisa Anda coba buat di rumah.

Cara membuat kentang bisa dibilang cukup sederhana, mirip ketika akan membuat roti pada umumnya. Tak perlu pakai ragi atau pengembang.

Kali ini Chef Devina Hermawan membuat resep kentang yang mudah diikuti, bahkan untuk pemula. Ada dua jenis donat kentang yang dibuatnya, yaitu original dan pandan.

Untuk donat pandan, Chef Devina menggunakan essence pandan. Tapi, jika ingin menggunakan pandan asli, kamu bisa mengganti 100 ml air dengan 100 ml jus atau endapan pandan. Memakai pandan asli tentu akan membuat aromanya lebih wangi.

Kemudian, kalau kamu ingin memakai unsalted butter, jangan lupa tambahkan garam agar rasanya seimbang. Selain itu, penggunaan susu bubuk pada donat original dimaksudkan agar warnanya cepat menjadi kecokelatan.

Sedangkan pada adonan donat pandan, sebaiknya susu bubuk dikurangi agar warna hijau donat tetap cantik setelah digoreng.

Trik agar waktu menguleni adonan tidak memakan waktu lama adalah dengan membuat semua tepung beserta bahan kering lainnya basah dari bahan cair. Kemudian, biarkan adonan yang sudah basah selama beberapa menit.

“Tujuannya agar tepungnya kena moisture atau kena basah. Jadi gluten, yang mengikatnya itu akan sedikit ter-develop sendiri,” kata Devina dilansir dari laman youtubenya Devina Hermawan.

Perlu diperhatikan juga, ketika mencampur bahan kering dan cair, tuangkan tak perlu diuleni lama. Cukup aduk hingga semua bahan tercampur dan tekan-tekan, tak perlu sampai kalis.

“Kalau adonannya masih lengket, jangan ditambah tepung. Diamkan lagi. Karena, kita pakai tepung protein sedang, kita mau teksturnya lebih ringan. Jadi ini tipikal seperti adonan roti yang kenyal, tapi lebih pluffy, ringan dan airy,” tambah Devina.

Jika kamu menambah tepung ketika adonan masih lengket, akan membuat adonan semakin padat.

“Adonan roti semakin encer, hasilnya semakin lembut,” kata Devina.

Adonan yang sudah didiamkan bisa langsung diuleni. Tak butuh waktu sampai lima menit, adonan sudah mulai kalis. Tapi, Devina menyarankan untuk menguleni adonan hingga permukaan lembut dan adonan elastis.

Tips lain saat mencetak donat adalah kamu bisa menggunakan gelas. Kemudian, saat digoreng kamu bisa membuat lubang tengahnya menggunakan sumpit. Adanya lubang di tengah donat memang bertujuang agar donat cepat matang sewaktu digoreng. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here