Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaMencegah Penularan Hepatitis Akut pada Anak, Hindari Makanan Mentah

Mencegah Penularan Hepatitis Akut pada Anak, Hindari Makanan Mentah

Bogordaily.net pada yang mengehebohkan itu membuat warga resah. Sehingga pemerintah pun membuat berbagai upaya sosialisasi kepada warga.

Lalu bagaimana cara mencegah penularan ? Penyakit kini sedang melanda dunia dan menjadi sorotan banyak pihak.

Tak terkecuali Organisasi Dunia (WHO) yang telah menyatakan bahwa penyakit ini merupakan Kejadian Luar Biasa (KLB). Maka dari itu, simak cara mencegah penularan berikut ini.

WHO telah mencatat ada 228 kemungkinan kasus yang telah tersebar di 20 negara di dunia. Dilansir dari laman Kementerian Kesehatan (Kemenkes), telah mendeteksi 15 kasus dan dilaporkan ada 3 anak meninggal dunia yang terinfeksi penyakit ini.

Kabar menyebarnya penyakit misterius ini membuat masyarakat panik terutama untuk orang tua yang memiliki anak. Kementerian Kesehatan hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk menangani kasus ini.

Cara Mencegah Penularan Hepatitis

Dilansir dari laman Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan menyebutkan ada beberapa cara untuk mencegah resiko infeksi salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Gastro Hepatologi RSCM FK UI, Prof. Dr. dr. Hanifah Oswari, Sp.A. menyarankan kepada orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan dengan membersihkan diri antara lain:

mencuci tangan dengan sabun,
makan dan minum yang dikonsumsi matang,
tidak menggunakan alat makan bersama dengan orang lain, serta
menghindari kontak dan menjaga anak dari orang yang sakit untuk tetap sehat.

Pencegahan penularan ini juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dengan menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun.

Gejala

Prof Hanifah menyebutkan bahwa gejala awal penularan ini antara lain seperti sakit perut, mual hingga muntah, diare dan demam. Selanjutnya pasien dapat mengalami gejala lebih berat seperti air kencing berwarna pekat dan buang air besar berwarna putih pucat. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here