Saturday, 25 May 2024
HomeBeritaMengenal Prosedur dan Tujuan Operasi Pemotongan Usus, Seperti yang dilakukan Ibunda Kiki...

Mengenal Prosedur dan Tujuan Operasi Pemotongan Usus, Seperti yang dilakukan Ibunda Kiki Farrel

Bogordaly.net – Mengenal Prosedur dan Tujuan Operasi Pemotongan Usus. Pengobat medis ini cukup berbahaya karena menyangkut dengan penyakit kanker pada usus.

Operasi semacam ini jua pernah dilakukan ibunda pesinetron Kiki Farrel. Ia mengatakan bahwa usus sang ibu, Mama Dahlia, sudah dipotong akibat kanker usus yang dideritanya sejak 2017 lalu.

Tindakan tersebut dilakukan agar kanker Mama Dahlia semakin menjalar ke organ lainnya.

“Sudah dipotong ususnya. Dokter bilang sudah sembuh, bisa makan ini itu,” jelas Kiki ketika ditemui di kawasan Cirendeu, Tangerang Selatan, Kamis (5/5/2022) pekan lalu dikutip dari suaracom.

Meski sempat membaik, tetapi ternyata kanker tersebut kembali muncul hingga menyebabkan kondisi Mama Dahlia semakin menurun.

Mengenal operasi pemotongan usus

Berdasarkan Alodokter, operasi pemotongan usus biasanya melibatkan pengangkatan bagian usus, termasuk usus kecil, usus besar, atau usus bagian akhir (rektum).

Dokter akan memotong bagian usus yang bermasalah, lalu menyambungkannya dengan bagian usus yang sehat. Bila usus sehat tidak cukup baik untuk disambung ke dubur, maka dokter akan membuat stoma.

Ketika membuat stoma, dokter bedah akan melubangi dinding perut dan menempelkan ujung usus ke lubang tersebut.

Lubang akan disambungkan ke kantong penampung kotoran (kolostomi). Tujuan pemasangan ini agar feses dan urin yang melewati usus akan keluar melalui stoma ke dalam kantong, bukan dubur.

Pemotongan usus biasanya dilakukan pada penderita:

Kanker usus

Panjang usus yang dipotong tergantung pada ukuran dan lokasi kanker usus. Dokter bedah mungkin juga akan mengangkat kelenjar getah bening di sekitar usus yang terkena kanker.

Divertikulitis

Ini adalah infeksi kantong-kantong kecil (divertikulum) di sepanjang saluran cerna. Pemotongan usus akan dilakukan apabila infeksi sudah cukup parah atau saat kantong pecah.

Penyumbatan usus

Pemotongan usus dilakukan untuk melancarkan kembali aliran makanan maupun darah pada usus. Sebab, pemyumbatan usus dapat menyebabkan kematian jaringan pada usus.

Pendarahan parah pada usus

Bila pendarahan tidak dapat dihentikan dengan obat-obatan, biasanya dokter akan menyarankan untuk dilakukan pemotongan usus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here