Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaMengintip Haji Furoda, Berhaji Lewat Jalur VIP Seharga Rp250 Juta

Mengintip Haji Furoda, Berhaji Lewat Jalur VIP Seharga Rp250 Juta

Bogordaily.net – Berhaji saat ini memiliki jalur-jalur yang berbeda selain jalur haji umum seperti biasa. Ada juga Haji Furoda berhaji lewat jalur VIP.

Karena jalurnya VIP tentu biaya yang dikenakan pun tidak murah melainkan cukup tinggi. Harganya berkisar di angka Rp250 juta. Tahun ini jemaah haji Indonesia sudah bisa kembali berangkat ke Tanah Suci.

Sekjen DPP Asosiasi Muslim Penyelenggaraan Haji dan Umroh Republik Indonesia (Amphuri) Farid Al Jawi mengatakan, tahun ini pemerintah Arab Saudi memberikan kesempatan bagi dunia, termasuk Indonesia untuk bisa melaksanakan ibadah haji walaupun kuotanya hanya 54%.

Merujuk Keputusan Menteri Agama (KMA) No 405/2022, ditetapkan kuota haji Indonesia tahun 1443 H/2022 M berjumlah 100.051, terdiri atas 92.825 kuota haji reguler dan 7.226 kuota haji khusus. Animo berhaji yang tinggi namun kuota yang tersedia terbatas, antrean atau waktu tunggu calon jemaah haji Indonesia pun semakin panjang dan lama.

Mengutip laman haji.kemenag.go.id, untuk kota-kota di pulau Jawa saja antrean alias waktu tunggu haji reguler rata-rata sudah di atas 30 tahun.

Contohnya DKI Jakarta 55 tahun dan Jawa Timur 69 tahun. Adapun yang terlama adalah di Bantaeng, Sulawesi Selatan, yang mencapai 97 tahun! Dengan lamanya waktu tunggu haji reguler, masyarakat yang punya dana lebih bisa memilih alternatif lain yaitu Haji Furoda.

“Begitu banyak minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah haji tentunya ada beberapa jalur yang digunakan untuk melaksanakan ibadah haji di luar kuota resmi pemerintah atau biasa disebut Furoda,” kata Farid dalam Market Review di IDXChannel, Senin 30 Mei 2022 seperti dikutip dari sndonewscom.

Farid menjelaskan, Haji Furoda adalah haji mandiri yang didapatkan visanya dari pemerintah Arab Saudi secara resmi melalui mitra-mitranya yang ada di Indonesia, yaitu agen travel yang memiliki izin khusus.

Adapun biayanya berkisar Rp250 juta, jauh lebih tinggi dibanding biaya haji reguler tahun 2022 di rentang Rp35-84 juta, tergantung embarkasinya. Tingginya biaya Haji Furoda lantaran pendaftar tidak harus mengantre untuk pergi haji dan juga layanan sekelas VIP.

“Selain karena tidak harus mengantre, angka tersebut disesuaikan agar bisa memenuhi layanan standar haji plus,” tukasnya.

Farid menambahkan bahwa terkait fasilitas lainnya tersebut tergantung dari pihak travel dalam melayani jamaahnya.

“Untuk layanan lainnya, itu standar yang ditetapkan oleh pemerintah, sedangkan benefit lainnya nantinya dikembangkan sendiri oleh travel,” katanya.

Mengutip laman www.hajifuroda.id yang menawarkan program Haji Furoda 2022 dengan biaya USD15.500 atau setara Rp226 juta, fasilitas yang didapat calon jemaah di antaranya visa haji resmi, hotel bintang 5, maktab haji khusus Furoda, hotel transit di Mina, tenda AC di Arafah, pesawat Saudi Airlines direct Jeddah dan fasilitas lainnya.

Sementara itu, laman www.travelumrohhaji.co.id juga menawarkan paket Haji Furoda yang dibanderol Rp248,5 juta hingga Rp270,5 juta dengan fasilitas yang hampir sama.

Lebih lanjut Farid menyampaikan, bagi masyarakat yang memiliki rejeki lebih dan ingin berangkat haji tanpa perlu antre, tentu haji Furoda bisa menjadi pilihan.

Namun, dia mengingatkan untuk memilih jasa biro perjalanan yang berizin alias resmi. “Dalam melakukan haji Furoda, pastikan mendaftar di perusahaan travel yang memiliki izin haji dan harus menggunakan visa haji,” tandasnya.

sumber: sindonews.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here