Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalMenhub Himbau Warga Lakukan Mudik Kembali Sebelum Puncak Arus Balik

Menhub Himbau Warga Lakukan Mudik Kembali Sebelum Puncak Arus Balik

Bogordaily.net dipredikisikan akan terjadi pada 6-8 Mei 2022 mendatang. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengimbau masyarakat untuk dapat melakukan kembali lebih awal sebelum atau setelah terjadi.

Menhub mengatakan, dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada yaitu tol Semarang – Jakarta, dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

“Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak di tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022 nanti. Atau kalau cutinya bisa diperpanjang, sebaiknya pulang setelah tanggal 8 Mei,”  kata  Menhub Budi Karya Sumadi dalam keterangan resmi, Rabu, 4 Mei 2022.

Selain imbauan menghindari perjalanan puncak , sejumlah imbauan lain kepada masyarakat agar perjalanan bisa lebih lancar.

Misalnya, jangan memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh, dan jangan berhenti di bahu jalan, karena selain membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya, juga dapat menyebabkan kemacetan.

“Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Di sini lebih aman dan leluasa,” ujarnya.

Menhub menjelaskan, sejumlah rest area di jalan arteri telah disiapkan baik oleh pemda, kepolisian, maupun unsur terkait lainnya.

“Mulai dari kantor kecamatan, kelurahan, kantor polisi, dan tempat-tempat lainnya sudah disiapkan sebagai tempat istirahat sementara,” tutur Menhub.

Tak hanya itu, masyarakat diminta untuk selalu mengupdate informasi terkini dari media sosial resmi milik operator jalan tol maupun kepolisian, sehingga mengetahui informasi terkait rekayasa lalu lintas yang sedang diterapkan pada saat itu.

“Kami juga mengimbau untuk mengemudi dengan baik, tidak menyerobot jalur dan patuhi petunjuk dari petugas di lapangan. Pastikan prokes juga tetap dilaksanakan dengan baik,” ucapnya.***

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here