Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalMenkes Bertahap Lakukan Relaksasi Pelonggaran Masker

Menkes Bertahap Lakukan Relaksasi Pelonggaran Masker

Bogordaily.net (Kemenkes) masih terus memantau kebijakan pelonggaran penggunaan . Apabila relatif terkendali, bukan tidak mungkin Indonesia bisa sepenuhnya bebas .

“(Soal pelonggaran ) kami masih menunggu sampai pertengahan Juni,” ujar Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin dalam keterangan, dikutip dari PMJ, Senin 30 Mei 2022.

Menurut Budi, biasanya kenaikan kasus Covid-19 terjadi 30-35 hari sesudah pemberlakuan kebijakan ini. Kalau memang kasusnya relatif lebih baik, maka Kemenkes akan lanjut melakukan survei serologi sekali lagi pada Juni nanti.

“Kalau hasilnya baik, mudah-mudahan bisa secara bertahap kita lakukan relaksasi,” tegasnya.

Di sisi lain, hasil survei serologi pertama di Indonesia sudah dilakukan pada November-Desember 2021. Survei ini bertujuan untuk mengetahui estimasi populasi masyarakat yang mempunyai antibodi berdasarkan umur, jenis kelamin, dan wilayah.

Dari hasil survei, pemerintah memperkirakan 86,6 persen penduduk usia 1 tahun ke atas di Indonesia sudah mempunyai antibodi. Ini adalah angka antibodi rata-rata dari masyarakat yang sudah divaksin maupun yang belum divaksin.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here