Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaNgeri! Sekitar 100 Orang Tewas dalam Bentrok Penambang Emas di Chad

Ngeri! Sekitar 100 Orang Tewas dalam Bentrok Penambang Emas di Chad

Bogordaily.net– Sekitar seratus orang dilaporkan tewas dalam yang terjadi antara dua kelompok penambang di tambang ilegal kawasan bagian utara sejak 23 Mei 2022.

Menteri Pertahanan Daoud Yaya Brahim mengatakan setidaknya seratus orang tewas dalam bentrokan para penambang tersebut. Jumlah itu dihitung setelah menerjunkan pasukan pengaman ke wilayah .

“Jumlah korban tewas, yang kami tetapkan setelah misi kami di lokasi, mencapai sekitar 100 orang tewas,” kata Brahim kepada Reuters, dikutip CNN Indonesia, Senin, 30 Mei 2022.

Pada 23 Mei 2022 lalu, bentrokan pecah di Kouri Bougoudi yang dekat dengan perbatasan Libya. Peristiwa itu diduga berawal dari perselisihan dua orang yang kemudian membesar menjadi antara dua kelompok.

Sejumlah saksi mata mengatakan terjadi di antara komunitas. Media massa lokal kemudian mengabarkan bentrok melibatkan kelompok etnis Tama dan komunitas Arab.

Sebagai langkah penanggulangan pascabentrok maut, Brahim mengaku pihaknya menutup seluruh pertambangan ilegal.

“Kami telah melanjutkan untuk mengevakuasi orang-orang dari lokasi,” kata Brahim.

Sementara itu berdasarkan laporan dari kelompok pemberontak berbasis di Libya, yang dikenal sebagai Front untuk Perubahan dan Kerukunan di (FACT) mengatakan setidaknya 200 orang tewas dalam insiden.

Dilansir Reuters, kelompok itu juga menyampaikan sebanyak 500 orang terluka. Namun, Brahim membantah sebab ia menerima laporan berdasarkan tim yang diterjunkan ke lapangan. Selain itu, dia mengatakan setidaknya ada 40 orang terluka dalam bentrok di tambang tersebut.

Bentrok antar komunitas sering terjadi di , khususnya yang melibatkan petani tetap dan penggembala nomaden.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here