Saturday, 27 April 2024
HomeKabupaten BogorOptimis Juara, Kampung KB Mawar Desa Rancabungur Wakili Kabupaten Bogor Lomba Tingkat...

Optimis Juara, Kampung KB Mawar Desa Rancabungur Wakili Kabupaten Bogor Lomba Tingkat Provinsi Jawa Barat

Bogordaily.net di RW 10 Desa Rancabungur Kecamatan Rancabungur jadi wakil mengikuti lomba Kampung KB tingkat Provinsi Jawa Barat. Selasa 17 Mei 2021 mendapatkan penilaian dari dewan juri provinsi.

Camat Rancabungur, Dita Aprillia mengatakan, dalam rangka kegiatan apresiasi Kampung Keluarga Berkualitas (KB), Desa Rancabungur mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kegiatan apresiasi kampung KB tingkat provinsi.

“Alhamdulillah Desa Rancabungur, Kecamatan Rancabungur ini, mewakili di tingkat Provinsi,” ungkapnya kepada Bogordaily.net, Selasa 17 Mei 2022.

Ia mengatakan Pemerintah Kecamatan Rancabungur berterima kasih kepada jajaran kader khususnya di Kampung Mawar RW 10, karena telah berjuang selama empat tahun dalam menjalankan kegiatan, untuk mempertahankan dan mengembangkan keberlangsungan Kampung KB.

“Yang pasti bangga sekali, saya ucapkan terima kasih khususnya kepada pihak beserta jajaran kader khususnya yang ada di RW 10 Kampung Mawar, bahwasanya mereka ini kan sudah berjuang, ternyata kampung KB ini telah berjalan selama empat tahun, dan selama itu kegiatannya ril ada, dan saya sangat bangga jadi keberlanjutan itu kan cukup sulit ya untuk mempertahankan, untuk mengembangkan itu sulit tapi luar biasa, berkat dukungan dari semua pihak, bersama pak kades dan jajaran keberlangsungan kampung KB ini dapat berjalan kontinue,” ucapnya

Dia mengungkapkan dari Kampung KB ini yang paling terlihat yakni adanya Poktan, Kelompok Tani, Kelompok KWT dan kegiatan UPPKA yang berjalan aktif, serta di telah memiliki 15 produk unggulan.

“Di sini kan anggotanya ada 15 orang, dan satu orang ini memiliki 1 produk, jadi di ini ada 15 produk unggulan dari UPPKA nya itu sendiri, nah ini inovasi yang luar biasa, satu orang memiliki satu produk,” jelasnya.

Selain itu dia melanjutkan terkait penanganan stunting, di Kampung KB Mawar sudah ada Dashat yakni Dapur Sehat mengatasi Stunting, mereka miliki produk pertanian, produk peternakan, dan dikumpulkan menjadi satu tempat untuk dibagikan.

“Jadi mereka mengolah, menjadi suatu makanan yang bergizi lalu kemudian dibagikan, dan itu mereka lalukan setiap hari jumat. Serta untuk pencegahan stunting mereka membagikan makanan bergizi, terutama untuk keluarga ibu hamil, dan ibu menyusui, mereka memberikan makanan bergizi tersebut ke salah satu sekolah kemudian berlanjut ke posyandu,” jelasnya.

Sementara itu dia mengaku optimis kalau Kampung KB Mawar bisa juara tingkat provinsi.

“Kami semua harus optimis juara, kita juga punya rumah data, yang memang ini menjadi salah satu penilaian plus bagi para dewan juri. Alhamdulillah kepala desanya inovatif, dan mau turun ke masyarakat sehingga warga juga tergerak,” terangnya.

Sementara itu Kepala Desa Rancabungur Sumantri mengungkapkan terpilihnya Kampung KB Mawar menjadi perwakilan untuk tingkat provinsi tidak lepas dari adanya dukungan semua lapisan masyarakat, dari tingkat kecamatan hingga kabupaten, serta berjalanya delapan fungsi program Kampung KB Mawar dengan baik.

“Alhamdulillah delapan fungsi program Kampung KB Mawar berjalan dengan baik, data lengkap dan ini adalah salah satu rumah data dari program Kampung KB Mawar Desa Rancabungur,” jelasnya

Selain itu menurutnya, pihaknya sudah berusaha secara maksimal dan didukung oleh semua lembaga pemerintahan desa untuk mengikuti lomba Kampung KB mewakili .

“Insya Allah itu keputusan ada di dewan juri, kita sudah berusaha maksimal, didukung oleh semua SKPD, didukung oleh semua lembaga pemerintahan desa, untuk mengikuti lomba ini, dan ini adalah penghargaan dari , agar kita bisa melanjut ke Provinsi,”pungkasnya.

(Albin Pandita Febriyantama)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here