Wednesday, 17 April 2024
HomeNasionalPakai Aplikasi Ini, Berikut Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan

Pakai Aplikasi Ini, Berikut Cara Menonaktifkan BPJS Kesehatan

Bogordaily.net– atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial  memberikan layanan dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses dengan mudah. Terdapat dua bidang pada yang menjadi perhatian masyarakat yakni Kesehatan dan Ketenagakerjaan. Pendaftaran, pengaktifan, dan penonaktifan dapat dilakukan melalui aplikasi. Berikut ini tahapan cara menonaktifkan Kesehatan lewat aplikasi.

Kesehatan dapat dinonaktifkan dengan aplikasi. Namun kebijakan tersebut tidak berlaku bagi pihak yang masih hidup. Pihak yang masih hidup wajib mendaftarkan diri pada Ketenagakerjaan. Program ini membantu masyarakat agar terbantu dalam hal kesehatan. Hal ini sesuai dengan Hak Asasi Manusia.

adalah program pemerintah yang termuat jelas dalam peraturan perundang-undangan bahwa semua penduduk wajib mendaftarkan diri sebagai peserta. Kesehatan baru dapat dinonaktifkan apabila peserta sudah meninggal dunia. Alasan lainnya yakni BPJS Kesehatan dapat dinonaktifkan apabila peserta sudah meninggal dunia.

Jika peserta menunggak, maka status kepesertaan menjadi tidak aktif saja. Namun hal tersebut bukan berarti ia berhenti menjadi peserta. Pengguna tetap harus membahar iuran perbulan sebagai kewajibannya agar statusnya tetap aktif.

Dirangkum dari Suara.com, berikut ini penjelasan lengkap dan lebih lanjut cara menonaktifkan BPJS Kesehatan melalui aplikasi.

Sebelum memulai menonaktifkan, pengguna harus mendownload terlebih dahulu Aplikasi E Dabu. Pengguna dapat mendownload aplikasi E Dabu (Elektronik Data Badan Usaha) adalah aplikasi yang dikembangkan untuk memudahkan pengelolaan jaminan kesehatan. Dengan adanya aplikasi ini, memudahkan baik pihak pengguna maupun BPJS dalam mengklasifikan data dan sebagai pusat data kepesertaan BPJS Kesehatan. Berikut tata caranya:

1. Download aplikasi E Dabu di Playstore

2. Tunggu hingga aplikasi benar – benar terpasang.

3. Buka aplikasi tersebut

4. Klik daftar

5. Daftarkan diri dengan Akun Email aktif

6. Lakukan verifikasi akun

7. Pilih menu mutasi peserta

8. Pilih Menu Data Peserta

9. Kemudian akan muncul seluruh data peserta

10. Cari nama yang akan dinonaktifkan kepesertaannya

11. Pilih nama yang akan dinonaktifkan kepesertaannya

12. Klik nonaktifkan peserta

13. Selesai

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here