Thursday, 18 April 2024
HomeBeritaPangeran Mohamed bin Zayed Jadi Presiden Uni Emirat Arab  

Pangeran Mohamed bin Zayed Jadi Presiden Uni Emirat Arab  

Bogordaily.net (UEA) memiliki presiden baru. Sabtu, 14 Mei 2022, Pangeran atau MbZ terpilih sebagai presiden UEA sehari setelah mantan pemimpin sebelumnya sekaligus kakaknya, Sheikh Khalifa, meninggal dunia.

MbZ dipilih oleh Dewan Tertinggi Federal menjadi penguasa negara kaya minyak yang didirikan oleh ayahnya itu pada tahun 1971.

Pertemuan antara MbZ dengan anggota Dewan Tertinggi Federal yang terdiri dari penguasa tujuh emirat UEA digelar hari ini, saat negara memasuki masa berkabung untuk saudara tirinya Sheikh Khalifa.

Dikutip dari CNN Indonesia, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan, meninggal dunia pada Jumat, 13 Mei 2022 pada usia 73 tahun setelah menjalani perawatan intensif. Sheikh Khalifa ditunjuk menjadi Presiden UEA pada 2004 silam menggantikan sang ayah yang merupakan pelopor negara itu, Zheikh Zayed Al Nahyan.

Secara de facto MbZ selama sepuluh tahun terakhir telah memimpin UEA karena kesehatan sang kakak terus memburuk. MbZ disebut sebagai pelopor modernisasi UEA dan melakukan berbagai gebrakan untuk negaranya, salah satunya adalah membuka sektor pariwisata sebagai pengeruk devisa alternatif selain minyak dan gas.

Di bawah kepemimpinannya, UEA juga telah mengirimkan misi ke Mars, mengirimkan astronaut ke luar angkasa, serta membuka reaktor nuklir pertama. UEA juga menjadi sekutu terdekat Arab Saudi, dekat dengan Israel, serta terlibat dalam perang yang didukung milisi Iran di Yaman.

Sebelumnya diberitakan Raja Abu Dhabi Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan meninggal dunia pada Jumat 13 Mei 2022. Seluruh warga di negara ini pun diminta menaikkan bendera setengah tiang.

Kabar mengenai meninggalnya penguara negara kaya ini meninggalkan duka bagi para warganya.

Kementerian Urusan Kepresidenan menyampaikan belasungkawa kepada rakyat (UEA) atas berpulangnya presiden UEA, Sheikh Khalifa bin Zayed Al Nahyan.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here