Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Bogor Ekspose Program Kompetitif ke Pemprov Jabar

Pemkab Bogor Ekspose Program Kompetitif ke Pemprov Jabar

Bogordaily.net – Plt. Bupati Bogor Iwan Setiawan hadiri kegiatan Penilaian Tahap II Bantuan Keuangan Kompetitif yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar), untuk menentukan tiga Kabupaten/Kota se-Jabar dengan usulan terbaik, yang berlangsung di Kantor Bappeda Provinsi Jabar, Selasa 24 Mei 2022.

Di kegiatan itu, Plt Bupati Bogor Iwan Setiawan melalukan ekspose usulan kompetitif ke Provinsi Jabar dengan tiga tema yakni.

Pertama, Pemeriksaan Anemia serta Pengadaan Alat Ukur Antropometri. Kedua, Pemberdayaan Keluarga Miskin melalui Usaha Ternak Ayam Petelur Berbasis Komunitas, dan ketiga, Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Antar Desa dan Pembangunan Tangki Septik Individual.

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan bahw,a kegiatan yang diusulkan sebagai upaya penanganan stunting terintegrasi untuk mendukung penanganan kemiskinan dan masalah kesejahteraan sosial, sehingga menurunkan angka stunting di Kabupaten Bogor.

“Hari ini tiga usulan yang diajukan, diuji oleh Pemprov Jabar, untuk mengetahui sejauhmana manfaatnya untuk masyarakat. Kami juga sangat apresiasi kepada Pemprov Jabar yang sudah mengadakan acara yang luar biasa ini, kegiatan ini sangat penting untuk seluruh daerah yang ada di Jabar agar bantuan yang diberikan tepat sasaran karena telah diuji terlebih dahulu,” beber Iwan Setiawan.

Iwan Setiawan menjelaskan bahwa terkait usulan Pemberdayaan Keluarga Miskin Melalui Usaha Ternak Ayam Petelur Berbasis Komunitas, diharapkan menjadi solusi dari upaya pemberdayaan dalam pengentasan kemiskinan yang selama ini dilakukan dan diterapkan dengan pendekatan berbasis komunitas.

Katanya, pemberdayaan dalam bentuk usaha ternak ayam petelur ini diharapkan dapat memberikan tambahan pendapatan sekaligus menyediakan kebutuhan protein pada keluarga miskin.

Sementara untuk usulan kegiatan Pengembangan SPAM Regional Antar Desa dan Pembangunan Septik Tank Individual, dilakukan dengan pertimbangan bahwa penyediaan air minum dan sanitasi layak merupakan salah satu capaian penting dalam penanganan stunting.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here