Wednesday, 22 May 2024
HomeBeritaPenderita Asma Wajib Hindari Konsumsi 7 Makanan Ini

Penderita Asma Wajib Hindari Konsumsi 7 Makanan Ini

Bogordaily.net – Menurut Kemenkes RI, Asma adalah suatu kelainan berupa peradangan kronik saluran napas yang menyebabkan penyempitan saluran napas (hiperaktifitas bronkus) sehingga menyebabkan penderita asma mengalami gejala episodik berulang berupa mengi, sesak napas, dada terasa berat, dan batuk terutama pada malam atau dini hari.

Asma dapat diderita oleh semua golongan mulai dari anak- anak hingga dewasa. Menurut data dari WHO, penderita asma di dunia mencapai 262 juta jiwa.

Banyak hal yang menjadi pemicu asma antara lain alergi (, bulu hewan, serbuk bunga, debu), konsumsi obat, merokok, olahraga, stress dan kelelahan.

Oleh karena itu para penderita asma harus lebih waspada terhadap hal hal yang dapat memicu asma kambuh. Salah satunya dengan menjaga pola makan.

Para penderita asma harus lebih selektif dalam memilih yang dikonsumsi. Jangan sampai yang dikonsumsi semakin memperparah kondisi asma yang diderita.

Mengutip dari Yoursay, berikut tujuh daftar yang wajib dihindari bagi anda para penderita asma:

1. Telur

Bagi kalian yang memiliki alergi terhadap telur harap menghindari ini karena protein yang terkandung dalam putih telur dapat memicu alergi dan hal ini bisa memperburuk kondisi asma.

2. Susu

Susu mengandung kalsium yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Tapi sebagian orang yang memiliki alergi terhadap protein susu dapat menjadi salah satu pemicu asma kambuh.

3. Kacang

Siapa yang tidak menyukai yang satu ini, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa suka dengan yang satu ini.

Namun ini tidak baik untuk para penderita asma, karena pada sebagian orang kacang berpotensi menyebabkan alergi yang dapat memperparah kondisi asma. Umumnya,orang yang memiliki alergi kacang juga sensitif terhadap bulu binatang dan serbuk bunga.

4. Kerang

laut berpotensi menyebabkan alergi, alergi ini adalah salah satu pencetus penyakit asma. Alergi seafood umumnya terjadi pada anak-anak.

5. Instan

Makanan instan dapat memperparah kondisi asma pada orang yang hipersensitif. Kandungan pengawet dalam makanan instan dapat memicu kambuhnya penyakit asma bahkan memperparahnya.

6. Cokelat

Cokelat disukai anak anak karena rasanya yang manis tapi ternyata makanan ini dapat memperparah kondisi asma lohh, dikarenakan kandungan lemak pada cokelat dapat memicu kambuhnya penyakit asma.

7. Minuman Berkarbonasi

Salah satu jenis makanan yang wajib dihindari bagi kalian para penderita asma. Kandungan pengawet,pemanis buatan pada minuman bersoda sangat tidak baik untuk penderita asma karena dapat memperparah penyakit asma.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here