Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalPenumpang Menumpuk di Stasiun Manggarai Gegara Perubahan Rute, Ini yang Dilakukan KAI

Penumpang Menumpuk di Stasiun Manggarai Gegara Perubahan Rute, Ini yang Dilakukan KAI

Bogordaily.net– Penumpukan penumpang yang terjadi di hari ini, Senin, 30 Mei 2022, akibat perubahan rute membuat PT Commuter atau kereta listrik (KRL) melakukan sejumlah langkah.

Vice President (VP) Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba mengatakan, langkah antisipasi yang mereka lakukan dengan mengerahkan enam kereta luar biasa. Enam unit armada itu beroperasi pada pukul 06.30 WIB, 07.30 WIB, 08.00 WIB, dan 18.15 WIB.

“Kami akan sesuaikan lagi kepadatan Stasiun (Manggarai) ini, sehingga kereta luar biasa ini bisa membantu untuk mengangkut penumpang-penumpang yang transit sehingga lebih cepat terurai kepadatannya,” kata Anne kepada wartawan di , Jakarta Selatan, Senin, 30 Mei 2022 sebagaimana dilansir dari Suara.com.

Langkah lain yang diambil PT Commuter Line kata dia yakni menggunakan peron 9 yang merupakan jalur rel kereta menuju Bandara Soekarno Hatta.

“Peron 9 khusus tujuan Cikarang, Bekasi dan peron 6-7 digunakan untuk transit Suri, Tanah Abang, Sudirman dan Kampung Bandan,” jelasnya.

Dua langkah yang diambil menurutnya efektif mengurai kepadatan penumpang di .

“Ini sangat berpengaruh di dalam menyebar kepadatan di area transit,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan PT KAI Commuter atau kereta listrik (KRL) sejak Sabtu 28 Mei 2022 lalu melakukan perubahan rute. Pada hari pertama kerja, Senin, 30 Mei 2022 penumpukan penumpang pun tak terhindarkan.

Perubahan rute di antaranya jalur dari Cikarang/Bekasi dan Bogor/Depok/Nambo. Perubahan tersebut membuat penumpang harus melakukan transit di , Jakarta Selatan.

Sejak 28 Mei 2022, rute hanya melayani rute langsung menuju Jakarta Kota. Penumpang dari arah Bogor yang ingin menuju Stasiun Sudirman, Stasiun Tanah Abang, ataupun Stasiun Kampung Bandan maka harus transit dan berganti kereta di .

Sebelumnya terdapat dua jurusan langsung yang disediakan yaitu Bogor-Jakarta Kota dan Bogor-Jatinegara yang salah satunya melintasi Stasiun Sudirman dan Stasiun Tanah Abang.

Penumpang Bogor yang akan menuju Tanah Abang dapat transit di dengan melewati dua stasiun yakni Stasiun Sudirman dan Stasiun Karet.

Para penumpang KRL dari Bogor yang ingin menuju ke beberapa stasiun seperti Sudirman, Tanah Abang, Duri Kampung Bandan, hingga Jatinegara sudah tidak bisa langsung. Jika tetap ingin menuju stasiun-stasiun tersebut bisa tetap dilakukan dengan transit di .

Tidak hanya rute Bogor, KRL Cikarang/Bekasi juga akan dialihkan. Tidak ada lagi rute Stasiun Cikarang/Bekasi ke arah Stasiun Jakarta Kota. Dari Stasiun Cikarang/Bekasi rutenya akan memutar ke arah Sudirman, Tanah Abang, Duri, Kampung Bandan, Jatinegara, dan kembali ke Cikarang.

Bagi penumpang yang akan ke arah Jakarta Kota dari Bekasi ataupun Cikarang bisa melakukan transit di dan berganti kereta menuju jalur Bogor-Jakarta Kota.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here