Friday, 29 March 2024
HomeNasionalPolri Musnahkan Hewan Ternak yang Terkena Wabah PMK

Polri Musnahkan Hewan Ternak yang Terkena Wabah PMK

Bogordaily.net – Polri ikut turun tangan dalam membantu penanganan wabah (PMK) pada sejumlah di beberapa wilayah. Salah satunya dengan memastikan hewan yang terkena wabah segera dimusnahkan.

yang terkena wabah PMK itu sudah tidak bisa digunakan. Maka dari itu, untuk menghindari penyebaran () akan dilakukan pemusnahan,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, dikutip dari PMJ, Jumat 13 Mei 2022.

Ramadhan mengatakan, hewan yang terpapar PMK dan masih hidup maka akan dipotong secara paksa. Pemotongan dilakukan di tempat jagal hewan yang ada di wilayah tersebut.

Adapun Ramadhan menegaskan, Polri akan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk melakukan pengawasan dan pendataan yang sudah terkena tersebut agar tak menyebar ke hewan lainnya.

“Paling tidak kalau ada suatu wabah yang kita lakukan pendataan. Sehingga yang terindikasi terkena wabah tersebut tidak dibawa ke luar daerah. Jadi kita lakukan pengawasan juga,” tukas Ramadhan.

Sebelumnya, temuan wabah terhadap hewan ternak sapi ini dilaporkan pertama kali terjadi di Gresik, Sidoarjo, Mojokerto dan Lamongan.

PMK yang menyerang beberapa bagian tubuh hewan, seperti mulut dan kuku dari hewan ternak. Maka dari itu, masyarakat disarankan untuk tidak mengonsumsi daging di bagian Mulut, dan Kaki Sapi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here