Friday, 29 March 2024
HomeBeritaPresiden Jokowi Bertemu Joe Biden di Gedung Putih: See You in Bali...

Presiden Jokowi Bertemu Joe Biden di Gedung Putih: See You in Bali for G20

Bogordaily.net–  Presiden menjamu makan malam para pemimpin negara ASEAN, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kamis, 12 Mei 2022 malam. Jamuan tersebut dilakukan sebagai pembuka rangkaian KTT ASEAN-AS.

Dilansir dari CNN Indonesia, dari Hotel Ritz-Carlton Washington D.C, berangkat menuju Gedung Putih dan tiba sekitar pukul 17.20 WS.

disambut oleh Presiden Biden kemudian bersalaman, berfoto, dan menandatangani buku tamu kenegaraan.

“Kami menantikan kemitraan ASEAN-AS yang lebih kuat. Sampai ketemu di Bali untuk KTT G20,” bunyi pesan yang ditulis Jokowi dalam buku tamu kenegaraan AS.

Jokowi bersama dengan pemimpin negara-negara ASEAN lainnya kemudian melakukan sesi foto bersama dengan menghadap Monumen Nasional dan menuju Blue Room untuk mengikuti jamuan makan malam.

Dalam jamuan tersebut, Jokowi menyebut KTT Khusus ASEAN-AS merupakan momentum tepat untuk memperkuat kemitraan ASEAN-AS ke depan dan menyambut baik secara prinsip kesepakatan ASEAN-AS untuk memiliki kemitraan strategis komprehensif. Kemitraan Strategis Komprehensif merupakan status kemitraan yang paling tinggi.

“Kemitraan ini sangat penting di tengah situasi dunia yang dipenuhi ketidakpastian saat ini. Untuk itu, saya mengajak kita semua untuk mengangkat gelas bagi kemitraan ASEAN-AS yang terus berkontribusi bagi penguatan nilai multilateralisme, perdamaian dan stabilitas kawasan, motor penggerak kesejahteraan kawasan,” ujar Jokowi seperti dikutip Sekretaris Kabinet.

Setelah selesai yang didampingi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi lalu meninggalkan Gedung Putih untuk kembali menuju Hotel Ritz-Carlton.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here