Friday, 29 March 2024
HomeBeritaBaru Dilantik, Presiden Korea Selatan Langsung Sentil Korea Utara Soal Nuklir

Baru Dilantik, Presiden Korea Selatan Langsung Sentil Korea Utara Soal Nuklir

Bogordaily.net – Korea Selatan resmi punya presiden baru. Dia baru saja dilantik.

Namanya Yoon Suk Yeol, seorang konservatif dari People Power Party. Dalam pidatonya dia langsung menawarkan ke untuk Denuklirisasi.
Presiden baru Korea Selatan itu menyampaikan rencanal untuk memperkuat ekonomi sebagai imbalan atas denuklirisasi, dalam pidato pelantikannya Selasa 10 Mei 2022.

Yoon, seorang konservatif dari People Power Party, memberikan pernyataan tersebut setelah dilantik sebagai pemimpin terbaru dari negara itu, dalam sebuah upacara di ibukota Seoul.
Dia juga langsung menyentil soal milik .

Dia menyebut program senjata sebagai “ancaman” bagi wilayah tersebut, tapi mengatakan pintu dialog dan resolusi damai tetap terbuka.

Mantan itu mengaku ingin membantu meningkatkan kehidupan di sebagai imbalan atas keamanan yang lebih besar.

“Jika Korea Utara benar-benar memulai proses untuk menyelesaikan denuklirisasi, kami siap bekerja dengan masyarakat internasional untuk menyajikan rencana berani, yang akan sangat memperkuat ekonomi Korea Utara dan meningkatkan kehidupan rakyatnya,” katanya dihadapan parlemen sebagaimana mengutip kompascom yang dilansir dari CNN.

Potensi Program Senjata Korea Utara Timbulkan Ancaman
Denuklirisasi akan “sangat berkontribusi untuk membawa perdamaian dan kemakmuran abadi di Semenanjung Korea dan sekitarnya,” tambahnya.

Selama kampanye pemilihannya, Yoon berjanji untuk mengambil sikap yang lebih keras terhadap Korea Utara — sebuah penyimpangan dari pendekatan Moon, yang secara konsisten mempromosikan rekonsiliasi damai.

Yoon bersumpah untuk tidak melonggarkan sanksi atau mempersiapkan perjanjian damai, sampai Korea Utara “melakukan upaya aktif dalam denuklirisasi lengkap dan dapat diverifikasi”.

Mantan itu mengatakan awal tahun ini bahwa dia akan membangun “kekuatan militer yang kuat yang pasti dapat mencegah provokasi apapun.”

Ketegangan antara Korea telah berjalan sangat tinggi baru-baru ini, di tengah lonjakan pengujian rudal Korea Utara. Korea Utara menembakkan rudal balistik jarak pendek pada Sabtu 7 Mei 2022 menjadikannya tes kedua minggu itu saja, dan uji coba rudal ke-15 tahun ini.

Sebagai perbandingan, Korea Utara hanya melakukan empat tes pada 2020, dan delapan uji coba pada 2021.

Yoon juga membahas sejumlah masalah domestik pada pelantikannya, termasuk meningkatnya pengangguran dan melambatnya pertumbuhan ekonomi.

Dia berjanji membalikkan kondisi tersebut dan mendorong “mobilitas sosial,” serta menyoroti kemajuan ilmiah dan kemajuan teknologi sebagai prioritas utama dalam membangun ekonomi.

Pidato tersebut diikuti dengan pembukaan Gedung Biru yang disiarkan secara nasional, kantor kepresidenan, dan sejumlah pertunjukan oleh paduan suara dan orkestra.

Yoon adalah pendatang baru di dunia politik, setelah menghabiskan 27 tahun terakhir karirnya sebagai .

Potensi Program Senjata Korea Utara Timbulkan Ancaman

Dia memulai karir politiknya setelah memimpin penyelidikan profil tinggi dalam skandal korupsi yang melanda pembantu pendahulunya Moon Jae-in.

Dia memenangkan pemilihan presiden pada Maret dengan selisih tipis, melawan saingan liberal Lee Jae-myung.

Kemenangan Yoon menempatkan pemerintah Korea Selatan kembali ke tangan konservatif, lebih dari lima tahun setelah konservatif Park Geun-hye dimakzulkan karena skandal korupsinya sendiri. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here