Wednesday, 15 May 2024
HomeBeritaProfil Anthony Albanese, Perdana Menteri Australia yang Baru Dilantik

Profil Anthony Albanese, Perdana Menteri Australia yang Baru Dilantik

Bogordaily.net– Perdana Menteri baru saja dilantik hari ini, Senin, 23 Mei 2022. Albanese yang merupakan tokoh politik itu menjadi Perdana Menteri ke-31. Bagaimana sepak terjang pria keturunan Italia- itu? Berikut rangkuman Anthony Albanese.

Albanese merupakan pemimpin Partai Buruh yang berhaluan tengah-kiri. Ia dilantik sebagai PM setelah partainya memenangkan pemilihan umum pertama sejak 9 tahun terakhir pada akhir pekan lalu.

“Ini adalah hari besar dalam hidup saya, tetapi hari besar juga bagi negara, saat kita mengubah pemerintahan,” ujar Albanese kepada para reporter sebelum disumpah, sebagaimana dilansir CNN Indonesia dari Reuters.

Albanese lahir dari seorang ibu tunggal, Maryanne, dan tinggal di perumahan umum Kota Sydney. Semasa muda, ia merupakan aktivis.

Pada usia 12 tahun, Albanese pernah membantu mengatur demo demi mencegah properti perumahan umum, termasuk rumah ibunya, dijual kepada pengembang.  Mereka yang mengenal Albanese mengatakan dia benar-benar sosok yang termotivasi oleh pragmatisme dan kepedulian terhadap keadilan sosial yang diperoleh selama perjuangan masa kecilnya.

“Itu memberi saya tekad, setiap hari, untuk membantu orang-orang seperti saya, tumbuh dewasa, untuk memiliki kehidupan yang lebih baik,” ujar Albanese kepada National Press Club pada Januari lalu.

Albanese pun mengingat bagaimana hidup masa kecilnya yang terbilang sesuah hingga terkadang harus bergantung pada tetangga untuk makanan.

Sang ibu yang disabilitas hanya bergantung pada dana pensiunan disabilitas karena tak mampu bekerja.

Di keluarganya ia merupakan orang pertama yang menyelesaikan pendidikan tinggi di univesitas dan lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Sydney pada 1984.

Di dunia politik Albanese mulai menyelaminya selama menempuh jenjang perguruan tinggi. Di usia 22, ia terpilih sebagai presiden Partai Buruh Muda, sayap pemuda partai.

Albanese sempat bekerja sebagai petugas penelitian saat kuliah di bawah pemerintahan reformis ekonomi Bob Hawke, perdana menteri terlama dari Partai Buruh.

Pada 1996, ia ditunjuk menjadi anggota parlemen untuk Grayndler. Albanese kemudian mendapatkan kesempatan sebagai Menteri Infrastruktur pada 2007 dan pada 2013, Albanese ditunjuk sebagai wakil mantan Perdana Menteri Kevin Rudd.  Selanjutnya pada 2019, Albanese terpilih menjadi ketua Partai Buruh .

Sebelumnya diberitakan Anthony Albanese, politikus berhaluan tengah-kiri dilantik menjadi Perdana Menteri baru setelah Partai Buruh memenangkan pemilihan umum pertama mereka sejak 9 tahun terakhir, Minggu, 22 Mei 2022.

Pada pemilihan umum tersebut, Partai Buruh menang tipis suara mayoritas di parlemen yakni 76 suara dari 151 kursi dalam pemilu. Partai tersebut masih membutuhkan empat samai lima dukungan lagi dari independen dan partai kecil lainnya agar bisa membentuk pemerintahan dengan suara mayoritas.

Pelantikan Albanese dilaksanakan secara singkat hari ini, Senin, 23 Mei 2022 pagi di Government House, Canberra. Pelantikan berlangsung beberapa jam sebelum sang PM terbang ke Tokyo, Jepang, untuk menghadiri tugas kenegaraan pertamanya sebagai pemimpin .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here