Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaProfil Bilqis Prasista, Tumbangkan Juara Dunia Akane Yamaguchi

Profil Bilqis Prasista, Tumbangkan Juara Dunia Akane Yamaguchi

Bogordaily.net – Bilqis Prasista menjadi buah bibir setelah tampil apik di Piala Thomas dan Uber 2022. Dirinya berhasil tumbangkan sang juara dunia Pebulutangkis asal Jepang, Aakane Yamaguchi. Inilah, Bilqis Prasista, yang juga merupakan anak dari pemain legend bulutangkis .

Tim kali ini, memang mengirimkan pemain-pemain muda di Piala Thomas dan Uber 2022. Meski begitu, skuad masih patut diperhitungkan oleh negara lainnya karena punya pemain-pemain potensial, salah satunya Bilqis Prasista.

Tidak ada yang menyangka, Bilqis yang menempati peringkat 333 dunia mampu tampil mengejutkan dengan menumbangkan Akane lewat dua set langsung, 21-19 dan 21-19.

“Tidak menyangka bisa menang, soalnya dia peringkat satu dunia. Sangat senang bisa mengalahkan Akane,” kata Bilqis setelah pertandingan di Impact Arena, Bangkok dikutip dari Antara, Rabu, 11 Mei 2022.

Bilqis Prasista lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 24 Mei 2003. Ia merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis , Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Sehingga wajar saja, darah bulu tangkis juga sangat melekat pada Bilqis yang sejak kecil sudah mendapat dukungan penuh dari kedua orang tuanya untuk berkarier sebagai atlet.

Seperti diketahui, Joko Supriyanto merupakan mantan pebulutangkis andalan di era 90an. Salah satu prestasi tertingginya, yakni menjadi juara dunia 1993 pada nomor tunggal putra.

Sementara sang ibu, Zelin Resiana juga menjadi bagian dalam tim putri yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Sebenarnya Bilqis tidak diarahkan untuk menuju ke bulu tangkis. Namun, pada akhirnya dia meminta agar dilatih secara serius. Kemampuannya lalu berkembang dan bergabung dengan PB Djarum.

Beberapa prestasi Bilqis di level Junior antara lain juara Jakarta Junior International Series (U17) tahun 2019, Juara di Bangladesh Junior International Series 2021, hingga Runner up Denmark Junior.

Pada 2020 Bilqis pun dipanggil masuk pelatnas PBSI. Di Pelatnas Cipayung, prestasinya tak mengecewakan. Terakhir, dia berhasil memenangkan Bangladesh Junior International Series 2021.

Sebelum dipromosikan mengisi tim Uber 2022, Bilqis sempat mencuri perhatian dengan raihan gelar juara di beberapa kejuaraan Junior level nasional hingga internasional.

Selain itu, Bilqis juga menjadi bagian dari skuad yang menjuarai Kejuaraan Beregu Asia 2022 lalu. Maka dari itu, menarik untuk melihat kiprah Bilqis ke depannya.

Bilqis juga semakin dikenal saat menjadi bagian tim yang memenangkan ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022 lalu.

Demikianlah profil singkat Bilqis Prasista, sang pemain baru dan muda Bulutangkis miliki .***

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here