Profil Bilqis Prasista Tumbangkan Juara Dunia

Menu

Mode Gelap
Geger! Instagram Mendiang Vanessa Angel Mendadak Hilang Tok! Lin Che Wei Resmi Jadi Tersangka Kasus Mafia Minyak Goreng Jangan Telat, Yuk Daftar Gelombang 3 TA 2022/2023 Sekolah Bosowa Bina Insani Bogor! Presiden Jokowi Beri Bantuan untuk Warga dan PKL di Pasar Cibinong Asyik! Mulai Hari Ini, Jokowi Izinkan Buka Masker di Ruang Terbuka

Tokoh ยท 11 Mei 2022 21:02 WIB

Profil Bilqis Prasista, Tumbangkan Juara Dunia Akane Yamaguchi


 Bilqis Prasista Pemain Bulutangkis Muda Indonesia. (kompas/Bogordaily.net) Perbesar

Bilqis Prasista Pemain Bulutangkis Muda Indonesia. (kompas/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Bilqis Prasista menjadi buah bibir setelah tampil apik di Piala Thomas dan Uber 2022. Dirinya berhasil tumbangkan sang juara dunia Pebulutangkis asal Jepang, Aakane Yamaguchi. Inilah, profil Bilqis Prasista, yang juga merupakan anak dari pemain legend bulutangkis Indonesia.

Tim Indonesia kali ini, memang mengirimkan pemain-pemain muda di Piala Thomas dan Uber 2022. Meski begitu, skuad Indonesia masih patut diperhitungkan oleh negara lainnya karena punya pemain-pemain potensial, salah satunya Bilqis Prasista.

Tidak ada yang menyangka, Bilqis yang menempati peringkat 333 dunia mampu tampil mengejutkan dengan menumbangkan Akane lewat dua set langsung, 21-19 dan 21-19.

“Tidak menyangka bisa menang, soalnya dia peringkat satu dunia. Sangat senang bisa mengalahkan Akane,” kata Bilqis setelah pertandingan di Impact Arena, Bangkok dikutip dari Antara, Rabu, 11 Mei 2022.

Bilqis Prasista lahir di Magelang, Jawa Tengah, pada 24 Mei 2003. Ia merupakan anak dari pasangan legenda bulu tangkis Indonesia, Joko Suprianto dan Zelin Resiana.

Sehingga wajar saja, darah bulu tangkis juga sangat melekat pada Bilqis yang sejak kecil sudah mendapat dukungan penuh dari kedua orang tuanya untuk berkarier sebagai atlet.

Seperti diketahui, Joko Supriyanto merupakan mantan pebulutangkis andalan Indonesia di era 90an. Salah satu prestasi tertingginya, yakni menjadi juara dunia 1993 pada nomor tunggal putra.

Sementara sang ibu, Zelin Resiana juga menjadi bagian dalam tim putri Indonesia yang menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Sebenarnya Bilqis tidak diarahkan untuk menuju ke bulu tangkis. Namun, pada akhirnya dia meminta agar dilatih secara serius. Kemampuannya lalu berkembang dan bergabung dengan PB Djarum.

Beberapa prestasi Bilqis di level Junior antara lain juara Jakarta Junior International Series (U17) tahun 2019, Juara di Bangladesh Junior International Series 2021, hingga Runner up Denmark Junior.

Pada 2020 Bilqis pun dipanggil masuk pelatnas PBSI. Di Pelatnas Cipayung, prestasinya tak mengecewakan. Terakhir, dia berhasil memenangkan Bangladesh Junior International Series 2021.

Sebelum dipromosikan mengisi tim Uber 2022, Bilqis sempat mencuri perhatian dengan raihan gelar juara di beberapa kejuaraan Junior level nasional hingga internasional.

Selain itu, Bilqis juga menjadi bagian dari skuad Indonesia yang menjuarai Kejuaraan Beregu Asia 2022 lalu. Maka dari itu, menarik untuk melihat kiprah Bilqis ke depannya.

Bilqis juga semakin dikenal saat menjadi bagian tim Indonesia yang memenangkan ajang BATC di Malaysia pada 15-20 Februari 2022 lalu.

Demikianlah profil singkat Bilqis Prasista, sang pemain baru dan muda Bulutangkis miliki Indonesia.***

 

 

 

 

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Profil Flandy Limpele, Sosok Dibelakang Suksesnya India Juara Thomas Cup

18 Mei 2022 - 21:50 WIB

sosok Flandy Limpele

Tokoh: Budi Suhartana dan Gamelan di Tanah Jawa

18 Mei 2022 - 15:47 WIB

Mengenal Supeno, Pahlawan Bangsa yang Ditembak Mati oleh Belanda

18 Mei 2022 - 14:03 WIB

Supeno

Mengenal Lin Che Wei, Tersangka Mafia Minyak Goreng

17 Mei 2022 - 23:58 WIB

Lin Che Wei

Profil Ustaz Abdul Somad, Sang Ulama Keturunan Melayu

17 Mei 2022 - 18:41 WIB

Ustaz Abdul Somad

Tirto Adhi Soerjo dan Gerakan Sarekat Islam di Bogor

17 Mei 2022 - 08:56 WIB

Trending di Tokoh