Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaProfil Flandy Limpele, Sosok Dibelakang Suksesnya India Juara Thomas Cup

Profil Flandy Limpele, Sosok Dibelakang Suksesnya India Juara Thomas Cup

Bogordaily.net – Sosok , Flandy Limpele berhasil mencuri perhatian publik. Dirinya berhasil membawa anak asuhnya memenangkan Piala Thomas 2022 setelah menaklukkan juara bertahan Indonesia dengan skor telak 3-0 dalam final di Impact Arena, Bangkok, Thailand, Minggu, 15 Mei 2022.

Flandy Limpele, pelatih spesialis ganda itu pernah memoles ganda terkuat India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty. Duet Rankireddy/Shetty yang berperingkat delapan dunia ikut menyumbangkan angka kemenangan buat India atas Indonesia di final.

Sebelumnya, pada bulan April 2022, dirinya memutuskan mundur dari bulu tangkis Malaysia. Flandy melatih ganda putra Malaysia sejak 2020, menggantikan Paulus Firman.

Melalui akun Iwitter Badminton Association of Malaysia @BA_Malaysia, mengonfirmasi pengunduran diri Flandy Limpele, per 1 April 2022. Melalui surat tersebut, pihak Badminton Malaysia melalui direktur kepelatihan, Rexy Mainaky, juga mengucapkan terima kasih kepada Flandi atas dedikasinya.

Selama dua tahun melatih ganda putra Malaysia, Flandi berhasil menjadikan ganda putra Malaysia menjadi unggulan. Tercatat ada pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik, Ong/Teo, dan Goh Sze Fei/Nur Izzudin yang menjadi unggulan di Malaysia.

Flandy adalah pelatih berkebangsaan Indonesia, kelahiran 9 Februari 1974. Melansir  laman Wikipedia, ia berkarir pertama kali di dunia bulu tangkis sebagai pemain. Flandy bermain di sektor ganda putra, berpasangan dengan Eng Hian, yang saat ini melatih ganda putri Indonesia.

Sebagai pemain, Flandy bisa dibilang cukup sukses meraih prestasi. Bersama Eng Hian di sektor ganda putra, Flandy berhasil meraih beberapa gelar. Beberapa di antaranya adalah medali perunggu di Olimpiade Athena 2004.

Flandy juga tergabung dengan tim Indonesia di ajang Thomas Cup tahun 2004. Saat itu, tim Thomas Cup berhasil meraih medali perunggu. Beberapa gelar turnamen BWF juga pernah diraih oleh Flandy, termasuk gelar di ajang beregu Asia.

Beberapa kejuaraan yang pernah dimenangkan keduanya ialah gelar juara Japan Open 2006, Chinese Taipei Open 2007 dan Indian Open 2009.

Sebelum bergabung ke Pelatnas Cipayung, Flandy berhasil mengasuh pasangan ganda putra India yang disegani, yakni Rankireddy/Shetty. Keduanya berhasil menembus final Jerman Terbuka 2019 sebelum akhirnya ditekuk Marcus/Kevin.

Setelah itu ia hijrah ke Malaysia setelah mendapatkan pekerjaan dari BAM. Ia bertanggung jawab untuk mengasah sektor ganda putra. Pekerjaan itu sudah dilakukan Flandy Limpele sejak tahun 2020. Hasilnya pun cukup instan.

Salah satu bukti ampuh dari tangan dingin dari sosok Flandy Limpele yakni keberhasilan kedua anak asuhnya itu menyabet perunggu Olimpiade Tokyo 2020.

Dalam perjalaannya, anak asuh Flandy Limpele itu sukses mengalahkah Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Kini, setelah resmi mengundurkan diri dari Timnas Malaysia, ia melatih ganda putra asal India. Baru beberapa bulan melatih, dirinyapun berhasil membawa kedua anak didiknya ini  Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty memenangkan Piala Thomas 2022 dengan mengalahkan juara bertahan Indonesia. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here