Friday, 26 April 2024
HomeBeritaProfil Mesut Ozil, Bintang Sepak Bola Dunia yang Heboh Kunjungi Indonesia

Profil Mesut Ozil, Bintang Sepak Bola Dunia yang Heboh Kunjungi Indonesia

Bogordaily.net– Bintang sepak bola dunia, menjadi perbincangan lantaran kunjungannya ke Indonesia. Pemain berdarah Turki-Jerman ini Ozil pada Rabu, 24 Mei 2022 tengah malam telah tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Mantan pesepak bola Timnas Jerman ini akan berada di Jakarta dan telah memiliki beberapa agenda selama ini Tanah Air.  Lalu siapa ? Dilansir dari CNN Indonesia, berikut rangkuman .

lahir di Gelsenkirchen, Jerman, 15 Oktober 1988 dan merupakan keturunan imigran Turki. Ia diketahui memiliki kedekatan personal dengan tanah air orang tuanya, Mustafa dan Gulizar Ozil. Sudah berada di Jerman sejak lahir, Ozil mengawali karier sepakbolanya di klub lokal Gelsenkirchen saat dirinya berusia 17 tahun, kemudian pindah ke Rot-Weiss Essen.

Pada 2008, Ozil menembus skuad Werder Bremen. Di musim perdananya Ozil yang saat itu berusia 20 tahun mencuri perhatian dengan torehan tiga gol dan 15 assist. Nama Ozil masuk ke dalam timnas Jerman untuk Piala Dunia 2010. Performanya yang apik selama di Piala Dunia Afrika Selatan membuat Real Madrid tertarik mendatangkannya.

Ozil benar-benar merapat bersama Los Blancos pada di awal musim 2010/2011 dan menjadi salah satu tumpuan Real Madrid bersama Cristiano Ronaldo selama tiga tahun. Hingga pada 2013, kasak-kusuk kepergian Ozil menghasilkan kabar mengejutkan. Sebab, ia memutuskan pindah ke Arsenal dengan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun.

Dengan nilai transfer 42,5 juta euro, ia menjadi pemain Jerman termahal pada masanya. Ozil mendapat kepercayaan penuh dari Arsene Wenger sebagai playmaker dan beberapa kali mendapat tanggungjawab sebagai kapten.

Perjalanan Ozil terbilang panjang bersama The Gunners dan hengkang dari London Utara pada awal 2021 karena berbagai persoalan.

Pihak klub Arsenal ditengarai tidak sepakat dengan sikap Ozil yang kerap mengunggah pernyataan di luar sepak bola. Ozil secara tegas memberi dukungan terhadap diskriminasi muslim Uighur di China.

Ozil juga sempat memamerkan kegiatannya bertemu dengan presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Saat Ozil menikah dengan mantan Miss Turki, Amine Gulse, Erdogan pun datang dan menjadi bahan perbincangan.

Tidak sejalannya visi Ozil dengan Arsenal membuat dirinya memilih hengkang ke Liga Turki Fenerbahce. Di sana, ia semakin bebas menggelorakan sikapnya seperti ketika menyampaikan dukungan terhadap Palestina.

Kedekatan Ozil dengan pemeluk Islam membuat dirinya mendapat simpati dari muslim di dunia tak terkecuali Indonesia. Rencana kedatangan Ozil ke Indonesia pun mendapat reaksi positif dari penggemar sepak bola.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here