Profil Ustaz Abdul Somad, Ulama Keturunan Melayu

Menu

Mode Gelap
Diduga Ruko di Desa Rancabungur Jadi Sarang Penjualan Obat Terlarang Muncul Lagi di Wuhan, China Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Banyak Masalah, Kemensos RI Cabut Izin ACT! Cek Lokasi Perpanjangan SIM Kota Bogor, Rabu 6 Juli 2022 Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya!

Tokoh · 17 Mei 2022 18:41 WIB

Profil Ustaz Abdul Somad, Sang Ulama Keturunan Melayu


 Tangkapan layar Ustaz Abdul Somad. (Instagram/ustadzabdulsomad_official/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Tangkapan layar Ustaz Abdul Somad. (Instagram/ustadzabdulsomad_official/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net Nama Ustaz Abdul Somad tengah menjadi sorotan lantaran dikabarkan dideportasi kembali ke Indonesia saat berkunjung ke Singapura. Berawal dari unggahan UstazAbdul Somad (UAS) melalui akun Instagram pribadinya yang menggambarkan pengalaman tidak mengenakannya selama di Singapura. Seperti apa sepak terjang pria berdarah Melayu itu? Berikut profil Ustaz Abdul Somad yang dirangkum dari berbagai sumber.

Datuk Seri Ulama Setia Negara atau lebih dikenal dengan Ustaz Abdul Somad lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatera Utara pada 18 Mei 1977. Putra pasangan Lobbayuddin dan Rohana itu dikenal dikenal sebagai pendakwah dan ulama Indonesia bidang ilmu hadis dan fikih.

Dikutip dari Wikipedia.org, dari pihak ibu garis keturunannya bersambung kepada Syekh Abdurrahman atau dijuluki Tuan Syekh Silau Laut I, seorang ulama sufi beraliran Tarekat Syattariyah kelahiran Rao, Batu Bara.

Tuan Syekh Silau Laut I merupakan keturunan perantau Minangkabau yang moyangnya berasal dari Mudik Tampang, Rao, Pasaman.

Sejak duduk di bangku sekolah dasar, Abdul Somad dididik melalui sekolah yang berbasis pada Tahfiz Al-Qur’an. Menamatkan pendidikan dari SD Al-Washliyah Medan pada 1990, ia melanjutkan pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah Medan. Setelah lulus pada 1993, ia melanjutkan pendidikan ke Pesantren Darularafah Deliserdang, Sumatra Utara selama satu tahun.

Lalu pada 1994, Ustaz Abdul Somad pindah ke Riau untuk melanjutkan pendidikan di Madrasah Aliyah Nurul Falah, Air Molek, Indragiri Hulu dan menyelesaikannya pada 1996. Tahun-tahun berikutnya antara 1996–1998, ia sempat berkuliah di UIN Sultan Syarif Kasim Riau.

Pada 1998, ketika pemerintah Mesir membuka beasiswa kepada 100 orang Indonesia untuk belajar di Universitas Al-Azhar, ia mengikuti tes dan merupakan salah satu dari 100 orang yang berhak menerima beasiswa dan mengalahkan 900-an orang lainnya yang mengikuti tes untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Abdul Somad kemudian melanjutkan pendidikannya di Universitas Al-Azhar Kairo.

Pada 2004, melalui AMCI  dari Kerajaan Maroko yang kala itu menyediakan beasiswa bagi pendidikan S2 hingga S3 di Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah ia terpilih untuk masuk dalam kuota penerimaan orang asing melalui jalur beasiswa. Abdul Somad lalu menempuh pendidikan S2-nya di Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah Rabat yang setiap tahunnya hanya menerima 20 orang murid dengan rincian 15 orang Maroko dan lima orang untuk asing.

Pada kehidupan pribadi, Ustaz Abdul Somad menikah dengan Mellya Juniarti pada tahun 2012 dan dikaruniai seorang putra bernama Mizyan Hadziq Abdillah. Pasangan ini bercerai pada tahun 2019.

Kemudian pada 2021, Ustaz Abdul Somad kembali menikah dengan Fatimah Az Zahra Salim Barabud dan dikaruniai seorang putra bernama Samy Ahmad Mesbahy ‘Ibadillah.

Sementara itu selama ini Abdul Somad dikenal dengan retorika ceramah yang sangat bersemangat sehingga membuat jamaah terpukau. Ia dikenal publik karena ilmu dan kelugasannya dalam memberikan penjelasan yang mudah dicerna dan dipahami oleh berbagai kalangan masyarakat.

Selain menjadi seorang pendakwah atau penceramah agama, Abdul Somad juga menulis dan menerjemahkan beberapa buku menjadi bahasa Indonesia.

Berbekal kecerdasan yang dia miliki membawa Abdul Somad menjadi seorang dosen di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau. Dikutip Celebrities.id, ia menjadi dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa dan dosen Tafsir serta Hadis di Kelas Internasional. Abdul Somad juga menjadi seorang dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur, Pekanbaru.

Selain aktif menjadi seorang pengajar, ia juga aktif di berbagai organisasi, di antaranya pada 2009 hingga 2014, Abdul Somad pernah menjadi Anggota MUI Provinsi Riau, Komisi Pengkajian dan Keorganisasian. Lalu pernah menjadi Anggota Badan Amil Zakat Provinsi Riau, Komisi Pengembangan, serta menjadi Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Provinsi Riau.

Pada 2017 hingga 2022, Abdul Somad menjadi Wakil Ketua Majelis Ifta’ Persatuan Tarbiyah Islamiyah Provinsi Riau.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Profil Arawinda Kirana, Pemeran Utama Film Yuni yang Jadi Trending Topic

6 Juli 2022 - 22:31 WIB

Profil Christophe Galtier, Pelatih Baru PSG Pengganti Pochettino

6 Juli 2022 - 15:33 WIB

Profil Ibnu Khajar, Presiden ACT Pengganti Ahyudin

5 Juli 2022 - 17:03 WIB

Sosok Princess Leonor, Putri Sulung Raja Felipe VI yang Warisi Takhta Kerajaan Spanyol

5 Juli 2022 - 16:53 WIB

Sundar Pichai, Dulu Hidup Susah Kini Jadi Bos Google

4 Juli 2022 - 14:35 WIB

Sosok Pemimpin ACT dan Daftar Nama Petinggi Yayasan

4 Juli 2022 - 09:25 WIB

Pemimpin ACT
Trending di Tokoh