Wednesday, 8 May 2024
HomeNasionalProvinsi Banten Miliki Tingkat Pengangguran Terbanyak di Indonesia

Provinsi Banten Miliki Tingkat Pengangguran Terbanyak di Indonesia

Bogordaily.net -Provinsi , menjadi  Provinsi yang  tingkat pengangguran terbuka (TPT) terbanyak di Indonesia. Hal ini, berdasarkan pada data yang dimiliki oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

TPT merupakan indikator yang digunakan untuk menghitung persentase jumlah pengangguran terhadap jumlah angkatan kerja.

Melihat data dari Badan Pusat Statistik (BPS), tingkat Pengangguran di sebesar 8,53 persen, turun dari Februari 2021 yang mencapai 9,01 persen. Meski begitu, masih lebih tinggi dibanding Februari 2020 sebesar 7,99 persen. Pada Februari 2021, menempati peringkat kedua provinsi dengan TPT tertinggi setelah Kepulauan Riau.

Menanggapi tingginya angka pengangguran tersebut, Penjabat (Pj) Gubernur Al Muktabar mengatakan, persoalan pengangguran menjadi hal klasik.

Menurut Al Muktabar, saat ini menjadi daerah untuk mengadu nasib para pendatang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia untuk mencari pekerjaan. Meski begitu, Pemprov berbagai upaya untuk menekan angka pengangguran tersebut dengan berbagai strategi dan program yang akan dilakukan.

“Meskipun itu klasik, selalu mediskusikan basis data. itu area saudara kita se indonesia mengadu nasib mencari pekerjaan. Ada beberapa dari mereka saat mendapatkan pekerjaan tidak melapor lagi sudah bekerja,” kata Muktabar.

Di samping itu, Muktabar akan mengunjungi kawasan industri untuk meminta perusahaan memprioritaskan tenaga kerjanya warga lokal .

“Peraturan perundangan-undangan bahwa menggunakan saudara di sekitar menjadi keharusan,” ujar Muktabar.

Selain itu, program link and match vokasi juga terus dilakukan untum meningkatkan produktivitas sumber daya manusia (SDM) di .

Menurut Muktabar, program tersebut menjadi fokus Pemprov agar lulusan baru dapat langsung bekerja sesuai keahlian yang dibutuhkan industri. “Link and match menjadi konsetrasi kita juga,” tandas Muktabar.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here