Friday, 29 March 2024
HomeKulinerResep Gulai Ayam Nikmat Bumbu Meresap!

Resep Gulai Ayam Nikmat Bumbu Meresap!

Bogordaily.net – Gulai Ayam Nikmat Bumbu Meresap adalah impian para ibu-ibu saat memasak untuk keluarga dan ayam merupakan salah satu sumber protein hewani yang paling mudah untuk diolah. Bahan makanan satu ini bisa dimasak dengan cara digoreng, direbus, bakar, dan sebagainya.

Salah satu olahan ayam yang cukup digemari yaitu ayam gulai. Ayam dengan kuah santan ini paling banyak ditemukan di rumah makan padang. Bumbu rempah yang meresap berpadu dengan gurihnya kuah santan menjadi salah satu alasan gulai ayam banyak digemari.

Supaya nggak penasaran dengan kenikmatan ayam gulai, yuk simak gulai ayam dari kanal YouTube CR Cook berikut!

Bahan:

½ kilogram ayam
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
2 butir kemiri, sangrai
1 ruas jari kunyit
½ sendok teh ketumbar bubuk
¼ sendok teh merica bubuk
1 sendok teh garam
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
15 gram gula merah
65 ml santan instan
600 ml air
Jahe secukupnya
Pala secukupnya
1 lembar daun salam
1 batang sereh
Lengkuas secukupnya
1 lembar daun jeruk
Cara Membuat Gulai Ayam

Pertama, rebus ayam dengan air mendidih selama 1-2 menit hanya untuk mengeluarkan kotoran dari ayam. Angkat lalu tiriskan.
Setelah itu, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, pala, dan cabai menggunakan sedikit minyak.

Selanjutnya tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tanpa minyak. Lalu tambahkan daun salam, sereh, lengkuas, dan daun jeruk. Masak dengan api kecil sampai bumbu tanak.

Setelah itu, masukkan ayam yang tadi sudah direbus dan air. Biarkan sampai airnya mendidih sambil sesekali diaduk supaya matangnya merata.

Jika ayamnya sudah mulai berubah warna dan airnya mulai menyusut tambahkan merica bubuk, ketumbar bubuk, garam, kaldu ayam, dan gula merah. Aduk sampai tercampur merata.

Berikutnya, tambahkan santan instan sambil terus diaduk supaya santan tidak pecah. Masak sampai airnya mendidih kembali.
Lakukan uji rasa sebelum mematikan kompor.

Gulai ayam siap disajikan.

Selain ayam, gulai juga biasa diolah dengan bahan dasar daging kambing sampai daging sapi. Salah satu kunci untuk memasak gulai yang enak adalah dagingnya yang empuk dengan bumbu meresap.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here