Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorResmikan Pameran Ilustrasi, Bima Arya Sebut Rumahnya Para Seniman

Resmikan Pameran Ilustrasi, Bima Arya Sebut Rumahnya Para Seniman

Bogordaily.net– meresmikan pameran ilustrasi Bentara Budaya di Gedung Bogor Creative Center, Sabtu, 21 Mei 2022. Pameran ilustrasi yang bertemakan “Ilustrasiana” tersebut berlangsung sampai Minggu, 29 Mei 2022 mendatang.

Pada pameran ini, ditampilkan karya ilustrasi dari ilustrator-ilustrator Indonesia, seperti Aditya Saputra, Alodia Yap, Diyan Bijac, EorG, Gerdi WK, Hari Prast, Iqbal Amirdha, Mohammad Taufiq (Emte), Triyadi Guntur W, Yanita Indrawati, Yulian Ardhi, Anindyo Widito, Komunitas Sedigar Deskov IKJ, Guruh Ramdani, Thomdean, Dessaf, Rizky Tulangn dan Rizky Muhammad Dylan.

Direktur Corporate Kompas Gramedia, Glory Oyong mengatakan, pameran ini diadakan dalam rangka menumbuhkan dan mengangkat dunia ilustrasi dengan para ilustrator, mewadahi dan menyampaikan aspirasi dan inspirasi mereka.

Terutama di daerah-daerah tema dari pameran ini adalah Multikultural Manusia membutuhkan manusia lain sebagai model dan perwujudan gagasan bersama tentang dunia.

“Konsep bersama ini telah ada sejak dulu di Nusantara, kita telah berkomunikasi, bertukar hasil bumi hingga terjadi silang budaya tersebar di pulau – pulau yang berjauhan,” kata Glory.

Menurutnya, kehidupan multikultural telah mengendap, berakar, dan menjadi kehidupan manusia Indonesia kini. Tema besar multikulturalisme ini ia anggap menarik dan relevan untuk diangkat kembali dalam sebuah forum karya para illustrator nasional di sebuah pameran yang digagas oleh Bentara Budaya menuju ulang tahun ke 40 .

Dalam pameran ini Bogor merupakan Kota yang menjadi pembuka rangkaian pameran ini yang selanjutnya akan diselenggarakan di beberapa kota lain di Indonesia.

Bogor patut berbangga sebab menjadi yang pertama karena tak hanya mencerminkan multikulturalisme yang nyata, tetapi menunjukkan potensi manusia-manusia kreatif warganya.

usai meresmikan pameran ilustrasi Bentara Budaya di Gedung Bogor Creative Center, Sabtu, 21 Mei 2022.(Ibnu/Bogordaily.net)

Seni ilustrasi para ilustrator dan ilustrator dari Kota lain melalui keragaman yang dibangun oleh karakter, pikiran, narasi dan caral representasi karya yang manusia yang berbeda-beda (multi personal) secara pribadi para ilustrator ini dikumpulkan dari berbagai latar belakang profesi yang berbeda-beda. Mereka dipersatukan oleh satu bahasa yaitu bahasa visual.

“Saya berharap pameran ini akan menjadi langkah awal kembali lebih menggiatkan dan mengukuhkan dunia ilustrasi dan ilustrator di tengah hiruk pikuknya senirupa di Indonesia khususnya Salam budaya dan salam sehat,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, menambahkan, pameran ilustrasi bisa dilihat dengan nilai-nilai yang dibanggakan di dan divisualisasikan dengan berbagai cara.

Nilai keberagaman yang bisa terlihat dari lukisan, dari berbagai ilustrasi. Ada juga ekspresi dari publik tentang persoalan di perkotaan gambaran angkot dan lain-lain.

“Saya juga berterima kasih kepada bartera budaya yang memilih sebagai kota yang pertama dan menghidupkan Bogor creative center ini,” ucapnya.

“Kedepan kita ingin juga mendorong kegiatan seperti ini sebanyak mungkin. Kita sedang merencanakan juga untuk membangun pusat budaya yang bisa menjadikan tempat-tempat seperti ini,” sambungnya.

Bima menyebut Bogor Creative Center harus menjadi rumahnya para seniman .

“Saya berharap seniman lokal bisa berkolaborasi dengan komunitas, teman kreatif agar seni itu juga bisa dikemas dengan cara kekinian. Karena banyak sekali seniman-seniman yang bagus, tetapi tidak berhasil memvisualisasikan,” ujar Bima.(Ibnu Galansa Montazerry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here