Saturday, 4 May 2024
HomeTravellingRute, Tiket Masuk, dan Keunikan Lokasi Wisata Batu Kapal

Rute, Tiket Masuk, dan Keunikan Lokasi Wisata Batu Kapal

Bogordaily.net– Selain tempat Pluyon Kalikuning, film KKN Desa Penari juga memilih syuting di Batu Kapal. Salah satu destinasi di Yogyakarta ini terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Klenggotan, Kelurahan Srimulyo, Kapanewon Piyungan.

Dilansir dari Suara.com, Wakil Ketua Pokdarwis Batu Kapal, Syamsi Dwi A Safarudin mengatakan Batu Kapal pernah dijadikan lokasi syuting film KKN Desa Penari. Namun saat itu Batu Kapal Bantul belum menjadi sebuah objek seperti sekarang ini. Proses syuting berlangsung pada tanggal 15 Januari 2020 silam.

Saat itu, Batu Kapal belum menjadi destinasi seperti sekarang ini. Baru sekitar tiga bulan kemudian atau tepatnya di bulan April, warga sekitar mulai merintis Batu Kapal menjadi sebuah objek . Warga mulai kerja bakti untuk melakukan pembersihan dan penataan kawasan tersebut.

Ternyata, selama ini Batu Kapal memang menjadi salah satu tempat yang beberapa kali digunakan untuk syuting film. Selain syuting film KKN di Desa Penari, Batu Kapal juga pernah menjadi lokasi syuting Sang Maestro Ki Hajar Dewantara.

Seringnya Batu Kapal Bantul menjadi lokasi syuting film memang tidak lepas dari keindahan, serta cerita mistis yang melatarbelakanginya. Didukung oleh suasana mistis di Batu Kapal, selain kontur sungai yang dipenuhi batu purba dengan lekuk yang cukup eksotis, juga ada sebuah pohon Munggur yang telah dililiti oleh pohon beringin.

Batu Kapal. (Instagram/@arundina.putriayu
_/Bogordaily.net)

Nah, seperti apa keindahan dan keunikan Batu Kapal Bantul? Berikut info lengkap keunikan, rute dan harga tiket masuknya.

Keunikan Batu Kapal 

Batu Kapal berada di Sungai Opak yang berhulu langsung di Gunung Merapi, serta bermuara di Pantai Selatan yaitu wilayah Parangtritis. Kini Batu Kapal telah berubah menjadi sebuah objek yang dikelola oleh masyarakat. Penamaan Batu Kapal sendiri bukan karena ada sebuah situs atau peninggalan kapal purba, tetapi karena bentuk batu yang berada di tengah sungai mirip dengan kapal.

Rute Lokasi Batu Kapal

Tempat yang satu ini cukup dekat dari pusat kota. Dari titik Nol Kilometer Jogja hanya berjarak sekitar 14 kilometer. Dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit berkendara. Rute menuju tempat ini terbilang cukup mudah dicari dan dilalui. Nantinya setelah sampai Pedukuhan Klenggotan Srimulyo, Bantul, kita hanya perlu mengikuti penunjuk arah hingga sampai ke lokasi Batu Kapal Bantul.

Harga Tiket Masuk Batu Kapal

Biaya tiket masuk ke lokasi ini tidak dipatok besarannya. Kamu bisa membayar seikhlasnya saja dan nantinya uang yang masuk dari wisatawan ini digunakan untuk pengembangan .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here