Friday, 29 March 2024
HomeBeritaSaat Anak Masuk Angin, Bolehkah Kerokan?

Saat Anak Masuk Angin, Bolehkah Kerokan?

Bogordaily.net – Banyak orang mengandalkan kerokan ketika mereka . Tak hanya orang dewasa, orangtua pun kadang membiarkan anak mereka kerokan ketika .

Setelah kehujanan atau capek karena beraktivitas berat, biasanya tubuh akan terasa tidak nyaman, seperti pusing, meriang, suhu badan meningkat, maupun mual.

Beberapa gejala seperti ini disebut sebagai oleh kebanyakan orang.

juga dianggap sebagai rasa tidak enak pada tubuh karena terlalu banyak angin yang masuk ke dalam tubuh.

Tahukah kamu? Ternyata penyakit ini tidak adalah ada dalam istilah kedokteran di manapun.

Dalam istilah kedokteran atau medis, sebenarnya adalah kondisi saat kita merasa pegal, kembung, perut terasa penuh, mual, batuk, flu, merasa kedinginan, hingga demam.

Menurut dr. Andi Khomeini Takdir Haruni, Sp.PD, seperti dikutip dari laman Vice Indonesia, kerokan menyebabkan sugesti nyaman pada seseorang. Itu sebabnya, banyak yang percaya bahwa rasa “tak enak badan” bisa sembuh dengan kerokan.

Dalam dunia kedokteran sendiri, kerokan pada anak ataupun orang dewasa diperbolehkan. Namun, Prof. Dr. dr. Didik Gunawan Tamtomo, PAK, MM, MKes dalam artikel yang dipublikasikan detikHealth menyebut ada hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan kerokan pada anak.

Guru besar Fakultas Kedokteran Unversitas Negeri Sebelas Maret itu menyebut bahwa bayi dan balita tak boleh dengan gesekan terlalu kuat. Alasannya, jaringan kulit pada anak-anak, terutama bayi dan balita masih lemah dan rentan.

Solusinya, Prof. Didik menyarankan untuk menggunakan irisan bawang merah ketika saat ingin melakukan kerokan pada anak-anak.

Hal ini untuk menghindari rasa sakit dan iritasi pada kulit akibat goresan koin, benda yang biasa digunakan untuk kerokan.

Kerokan dengan bawang merah, menurut Prof, Didik, memberikan efek vasodilatasi, yaitu melancarkan peredaran darah dan efek menenangkan. Hal itu lah yang membuat banyak orang percaya dengan “khasiat” kerokan bawang merah.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here