Friday, 17 May 2024
HomeEkonomiSalah Transfer ke Rekening, Uang Nasabah Apa Bisa Kembali? Berikut Penjelasannya

Salah Transfer ke Rekening, Uang Nasabah Apa Bisa Kembali? Berikut Penjelasannya

Bogordaily.net– Pernahkan salah uang ke rekening? Ya, tak jarang peristiwa salah kerap terjadi dan biasanya karena nasabah kurang teliti. Bila terjadi salah ke rekening tersebut, lalu apa yang harus dilakukan oleh nasabah?

Pengamat Perbankan, Paul Sutaryono, mengatakan nasabah harus segera melaporkannya ke bank terdekat sambil membawa bukti. Ia menyarankan agar nasabah segera meminta bantuan ke pihak bank.

“Nasabah harus segera lapor ke bank terdekat. Yakni dengan membawa bukti-bukti, seperti buku tabungan dan -nya,” kata Paul dikutip dari Detik.com, Rabu, 11 Mei 2022.

Ia menjelaskan, pada prinsipnya pihak bank nantinya akan mengembalikan uang tersebut dengan sejumlah syarat. Bank akan melakukan cross check terhadap laporan dari nasabah. Jika terbukti benar salah , maka uang akan dikembalikan.

“Pada prinsipnya, bank akan mengembalikan uang itu. Setelah melakukan penelitian secara seksama,” ujarnya.

Agar peristiwa tersebut tidak terjadi, Paul pun menyarankan nasabah untuk selalu teliti terlebih dahulu sebelum melakukan . Nasabah perlu mencocokkan data si penerima rekening tujuan.

“Maka nasabah seharusnya meneliti nama dan nomor rekening, pada saat di ,” pungkas Paul.

Sementara itu di sisi lain jika mendapatkan kiriman uang nyasar ke rekening pribadi, nasabah mungkin bingung harus melakukan apa. Apakah uangnya bisa diklaim?

Paul mengatakan jika hal itu terjadi, nasabah diminta untuk segera melaporkan kepada pihak bank terdekat. Ia mengingatkan nasabah untuk tak mengambil uang tersebut.

“Nasabah harus segera lapor ke bank itu di cabang terdekat. Mengapa? Karena itu bukan hak kita,” kata Paul.

Terpisah, Pengamat Perbankan dan Staf Khusus Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Ryan Kiryanto juga menyampaikan bahwa nasabah tidak perlu panik. Nasabah bisa melaporkannya melalui telepon, maupun website bank tersebut.

” Nasabah segera lapor ke bank-nya. Atau bisa melalui by phone melalui nomor hotline bank atau website. Biasanya itu nanti ada kolom dan keterangan hubungi kami. Nantinya, pihak bank akan merespon,” jelas Ryan.

Saat ditanya, apakah penerima bisa menggunakan uang yang didapat akibat salah itu, Ryan juga menyarankan agar nasabah tak menggunakannya dan segera mengembalikannya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here