Thursday, 28 March 2024
HomeTravellingSatu-satunya Salju Abadi Indonesia di Puncak Gunung Jaya Wijaya Akan Hilang, Ini...

Satu-satunya Salju Abadi Indonesia di Puncak Gunung Jaya Wijaya Akan Hilang, Ini Penyebabnya!

Bogordaily.net – Jaya Wijaya, satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki abadi. Tapi dalam waktu dekat, putih nan dingin ini mungkin tak akan bisa dinikmati kembali.

Baru-baru ini, BMKG mengeluarkan pernyataan bahwa pada tahun 2025 abadi di Indonesia terancam akan hilang.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan sejak tahun 2010, di mana setiap tahunnya ketebalan es atau di Jaya Wijaya semakin menipis.

Dikutip dari TravellingYuk, di tahun 2010, ketebalan es mencapai 31,49 meter. Lima tahun berselang, ketebalan sudah berkurang 5,26 meter.

Dalam satu tahun sekitar 1 meter ketebalan es berkurang. Pada data terakhir yang didapatkan, di tahun 2021 ketebalan es sudah mencapai 23,46 meter.

Jika penyusutan ketebalan terus terjadi seperti tahun-tahun sebelumnya, maka diprediksi abadi akan hilang total di tahun 2025. Kurang lebih tiga tahun lagi.

Sebab utamanya tidak lain adalah karena perubahan iklim dan pemanasan global. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebutkan bahwa, pemanasan global membuat suhu udara menjadi naik.

Hal ini membuat area es di Jaya Wijaya tersisa satu persen saja. Yang awalnya 200 km persegi menjadi 2 km persegi.

Fakta ini membuat para pendaki sedih, terlebih puncak dengan ketinggian 4884 mdpl ini adalah satu-satunya tempat dengan di Indonesia, sebuah negara tropis.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here