Friday, 3 May 2024
HomeBeritaSEA Games 2021 Vietnam Resmi Ditutup, Kamboja Tuan Rumah Selanjutnya

SEA Games 2021 Vietnam Resmi Ditutup, Kamboja Tuan Rumah Selanjutnya

Bogordaily.net–   yang dihelat sejak 12-22 Mei 2022 resmi ditutup Perdana Menteri Republik Sosialis Pam Minh Chinh pada upacara penutupan di Asian Indoor Games Stadium, Hanoi, Senin, 23 Mei 2022 malam WIB.

Pam Minh Cinch pun menyampaikan salam perpisahan kepada para atlet dan semua pihak yang telah terlibat dalam . Ia juga mengapresiasi para atlet yang telah melalui kompetisi dengan menjunjung sportivitas.

“Ada senyum, kegembiraan, dan kemenangan. Ada air mata, kesedihan dan penyesalan ketika hasil yang diharapkan belum tercapai. Namun yang terpenting semua atlet berusaha sebaik mungkin,” kata Pam Minch Cinch di Asian Indoor Games Stadium, seperti dilansir Suara.com dari Antara.

“Ini adalah kemenangan bagi kita semua, kemenangan jiwa olahraga yang jujur, tidak memihak, murni dan mulia,” sambungnya.

Pada upacara penutupan itu, ribuan penonton melalui layar LED menyaksikan api yang menyala sejak 12 Mei 2022 di kaldron Stadion Nasional My Dinh dipadamkan menandai pesta olahraga tingkat regional itu telah berakhir.

Diserahkan pula bendera SEA Games bergambar 11 cincin oleh Ketua Komite Olimpiade Nguyen Van Hung ke Ketua Komite Olimpiade Kamboja Khon Thong yang akan menjadi tuan rumah SEA Games 2023.

Selain itu diumumkan empat atlet terbaik yakni Nguyen Thi Qanh (), Joshua Robert Atkinson (Thailand), Nguyen Huy Hoang () dan Jing Wen Quah (Singapura).

Sementara itu pada perhelatan SEA Games ke-31 tahun ini, sang tuan rumah menjadi juara umum  dengan meraih 205 emas, 125 perak, dan 116 perunggu, diikuti Thailand yang finis di posisi kedua dengan 92 emas, 103 perak, dan 136 perunggu.

Indonesia yang menurunkan 499 atlet dari 32 cabang olahraga, menempati peringkat ketiga klasemen akhir perolehan medali dengan koleksi 69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu.

Catatan tersebut lebih baik dibanding edisi sebelumnya di Filipina saat kontingen Merah Putih finis di urutan keempat.

SEA Games 2021 juga menjadi catatan sejarah menandai untuk pertama kalinya bola basket putra Indonesia meraih medali emas, mematahkan dominasi Filipina yang selalu menempati podium teratas dalam 13 edisi terakhir kejuaraan kawasan Asia Tenggara itu. SEA Games ke-32 selanjutnya akan digelar di Kamboja pada 2023 mendatang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here