Manfaat Buah Jambu Biji Sangat Banyak Untuk Tubuh

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Kesehatan · 24 Mei 2022 14:59 WIB

Selain Enak Dibuat Jus, Manfaat Buah Jambu Biji Sangat Banyak Untuk Tubuh


 Manfaat dari Buah Jambu Biji. (merdeka.com/Bogordaily.net) Perbesar

Manfaat dari Buah Jambu Biji. (merdeka.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Buah yang dikenal dengan Bahasa Inggris Guava ini, biasanya paling enak disantap dengan dibuat Jus atau campuran rujak. Namun, manfaat dari Jambu biji yang berasal dari Negara Meksiko, Brazil dan Kolombia ini sangat bagus untuk tubuh.

Jambu biji memiliki banyak kandungan vitamin C, Vitamin A, kalium, dan antioksidan yaitu likopen, kemudian buah juga mengandung nutrisi lain seperti serat, protein, magnesium, dan folat walaupun jumlahnya sedikit.

Berikut 6 manfaat jambu biji :

1. Menyehatkan Mata.

Manfaat jambu biji terdapat vitamin A yang berfungsi sebagai peningkat sistem kekebalan tubuh, pembuah sehat bagi kulit, dan membantu dalam proses pertumbuhan sel.

Dengan kandungan vitamin A, mengonsumsi jambu kristal salah satunya untuk mendapatkan banyak manfaat.

2. Mencegah Diabetes.

Tak hanya dapat menyehatkan mata, manfaat jambu dapat mencegah diabetes, pada sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, diduga jambu batu dapat mengobati ginjal akibat dari penyakit diabetes.

Kemudian dari studi yang lain mengatakan bahwa jambu biji dapat mengurangi gejala diabetes dan mengurangi kerusakan akibat peradangan dan oksidasi bagi penderita diabetes.

Namun, penelitian tersebut masih dibutuhkan uji coba yang lebih lagi pada hewan, belum dieksperimenkan terhadap manusia.

3. Proteksi tubuh dari masuknya radikal bebas.

Kandungan vitamin C yang terdapat pada jambu biji ini berfungsi sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk melindungi organ tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh masuknya radikal bebas.

Diketahui dari ahli bahwa radikal bebas ini adalah salah satu pemicu timbulnya kanker, sebab, antioksidan yang terkandung tidak hanya berada pada buahnya, melainkan daunnya juga.

4. Saluran Pencernaan Menjadi Lancar.

Manfaat jambu biji juga dapat digunakan sebagai pelancar saluran pencernaa, dikarenakan kandungan serat yang ada di dalamnya sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit dan membersihkan saluran pencernaan dari kuman yang mana kotoran dapat keluar semua.

5. Sistem kekebalan tubuh jadi meningkat.

Manfaat jambu biji merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, ini disebabkan tidak banyak orang tahu bahwa kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya melebihi dari kandungan vitamin C pada buah jeruk.

Vitamin C sangat berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, sehingga bagi yang mengkonsumsinya dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mencegah terjadinya resiko infeksi.

Kemudian vitamin C membantu dalam menjaga kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, meningkatkan fungsi otak, membantu dalam penyerapan zat besi, hingga proses penyembuhan luka.

6. Menurunkan lemak dan tekanan darah.

Terakhir jambu biji adalah buah yang baik sebagai penurun darah tinggi, bagi penderita darah tinggi wajib mengkonsumsi buah jambu biji.

Hal ini telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menghasilkan fakta bahwa jambu biji dapat membantu menghilangkan lemak-lemak jahat dan menurunkan tekanan darah.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Jangan Menahan Buang Air Kecil, Bisa Infeksi!

6 Oktober 2022 - 18:55 WIB

menahan buang air kecil

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan!

6 Oktober 2022 - 18:02 WIB

setelah makan

Kamu Lagi Sakit Flu? Coba Yuk 4 Obat Alami Ini

6 Oktober 2022 - 09:58 WIB

tanaman herbal

Minum Teh Setiap Hari Bantu Kurangi Resiko Penyakit, Mitos atau Fakta?

5 Oktober 2022 - 17:25 WIB

minu teh setiap hari

Berikut Info Jadwal Praktek Dokter Spesialis di Bogor Senior Hospital

5 Oktober 2022 - 13:36 WIB

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Lagi Stres Berat

5 Oktober 2022 - 09:43 WIB

Trending di Kesehatan