Friday, 26 April 2024
HomeBeritaSelain Puasa, Ini Amalan di Bulan Syawal, Salah Satunya Bisa Dilakukan Wanita...

Selain Puasa, Ini Amalan di Bulan Syawal, Salah Satunya Bisa Dilakukan Wanita Haid  

Bogordaily.net– Bulan disebut sebagai penyempurna ibadah bulan Ramadan dan merupakan salah satu bulan yang diistimewakan dalam kalender Islam. Pada bulan tersebut, umat muslim dianjurkan memperbanyak melakukan amal ibadah. Ada banyak amalan yang bisa dilakukan, yang mana jika dikerjakan akan memperoleh pahala melimpah. Lalu, apa saja amalan di bulan ? Berikut penjelasannya sebagaimana dirangkum dari Suara.com.

Puasa enam hari

Puasa selama enam hari di bulan salah satu amalan sunah dengan pahala yang melimpah. Biasanya, amalan ini dilakukan pada hari kedua di bulan hingga hari berikutnya selama enam hari. Puasa enam hari ini menjadi pelengkap dan penyempurna puasa Ramadan. Puasa enam hari ini juga dapat dilakukan pada minggu ke-2 bulan .

Silaturahmi

Amalan sunah berikutnya yang dapat dilakukan di bulan yakni Silaturahmi. Silaturahmi salah satu ibadah yang memang sering dilakukan dan menjadi semacam tradisi di bulan atau saat lebaran. Silaturahmi ini biasanya dilakukan dengan saling memaafkan baik sesama anggota keluarga, rekan kerja maupun teman. Itulah mengapa bulan ini menjadi bulan yang penuh berkah. Amalan ini dapat dilakukan oleh wanita meskipun sedang haid.

Puasa Senin Kamis

Puasa Senin dan Kamis salah satu amalan bulan yang juga dianjurkan dilakukan umat muslim selain puasa enam hari. Perlu diketahui, puasa sunah ini lebih baik dikerjakan setelah lunas membayar utang puasa Ramadan.

I'tikaf

I'tikaf atau berdiam diri di masjid merupakan salah satu amalan ibadah yang dianjurkan di bulan Syawal. I'tikaf biasanya dilakukan dengan berzikir, menunaikan salat lima waktu, salat sunah, dan membaca Al-Qur'an. I'tikaf dapat dilakukan pada bulan Syawal, jika saat bulan Ramadan tak sempat melaksanakannya. Jadi amalan berikutnya yaitu sebagai waktu  pengganti  I'tikaf yang terlewatkan atau tak sempat dilakukan saat bulan Ramadan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here