Friday, 26 April 2024
HomeKabupaten BogorSiap-Siap! Besok Polres Bogor Berlakukan Ganjil Genap di Jalur Puncak

Siap-Siap! Besok Polres Bogor Berlakukan Ganjil Genap di Jalur Puncak

Bogordaily.net– Sistem ganjil genap bakal kembali diberlakukan di kawasan , Kabupaten Bogor, Selasa, 3 Mei 2022 besok. Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor akan melakukan pemeriksaan ganjil genap di Simpang Gadog, Kecamatan Megamendung.

KBO Lantas Polres Bogor Iptu Ketut Laswarjana mengatakan, pihaknya akan melihat peningkatan arus kendaraan.

“Besok pagi kita berlakukan lagi ganjil genap untuk kendaraan menuju kawasan , diberlakukan mulai pagi hari,” kata Ketut dilansir dari Detik.com, Senin, 2 Mei 2022.

Ia menjelaskan, ganjil genap dilakukan demi mencegah kemacetan lalu lintas di kawasan . Nantinya, kendaraan yang pelatnya tidak sesuai tanggal ganjil atau genap akan diputar balik ke daerah asal.

“Tetap putar balik kalau tidak sesuai dengan aturan ganjil genap. Kecuali kendaraan-kendaraan yang sudah dikecualikan ya,” sambungnya.

Sementara itu Polres Bogor tidak memberlakukan one way atau ganjil genap di jalur pada hari pertama hari ini. Hal itu dilakukan untuk mempermudah masyarakat beraktivitas pada hari pertama Lebaran.

“Arusnya memang ada peningkatan dan terus kita juga tidak melakukan rekayasa lalu lintas. Karena banyak masyarakat ini kan pada silaturahmi, jadi kita hari ini prioritaskan dulu masyarakat lokal yang melaksanakan silaturahmi ke keluarganya masing-masing di kawasan ,” jelas Ketut.

Sebelumnya diberitakan kawasan , Kabupaten Bogor diprediksi akan macet pada H+1 atau sehari setelah lebaran.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena sendiri masih menjadi primadona para pelancong dari berbagai daerah dari luar Bogor.

“Agar tidak terjebak terjebak macet, masyarakat cermat memilih waktu liburan kali ini di momen arus balik mudik,” kata Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata, Minggu 1 Mei 2022.

Ia mengatakan, volume kendaraan akan mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjelang dan libur lebaran 2022.

“Untuk trennya sendiri itu jalur merupakan destinasi wisata, sehingga peningkatan arus volume kendaraan biasa terjadi di H+1 hingga sekian,” jelasnya.

Selain itu, kata Dicky, untuk mengurangi potensi kemacetan, pihaknya akan menerapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap dan satu arah (one way) secara bergantian seperti biasanya. Selain itu akan diberlakukan contraflow selepas exit Gerbang Tol (GT) Ciawi apabila terjadi kepadatan.

“Pengamanan di sejumlah titik pun akan dioptimalkan guna mencegah potensi pelanggaran dan kecelakaan seperti menyiapkan pos pengamanan, pelayanan, dan terpadu,” tambahnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here