Friday, 19 April 2024
HomeNasionalSiap-siap! Tarif KRL Bogor-Jakarta Kota Naik Jadi Rp 8.000

Siap-siap! Tarif KRL Bogor-Jakarta Kota Naik Jadi Rp 8.000

Bogordaily.net – Ini kabar buruk bagi para commuter Bogor-Jakarta. Pemerntah berniat menaikkan tarif KRL Jakarta-Bogor. Saat ini pemerintah sedang membuat simulasi kenaikan tarif tersebut.

Rencananya kenaikan itu akan diberlakukan pada April 2022, namun tak jadi disahkan dan akan dibelakukan setelah lebaran.

Kemeterian perhubungan pun saat ini sedang melakukan kajian untuk memastikan waktu yang pas diberlakukannya tarif baru commuter jurusan Jakarta-Bogor itu.

Jubir Kementerian Perhubungan Adita Irawati menyatakan saat ini sudah ada pembahasan kembali soal kenaikan tarif . Hanya saja dia enggan mengatakan apakah akan dinaikkan di sisa waktu tahun 2022 ini.

Yang jelas pemerintah masih membahas waktu yang tepat untuk kenaikan tarif mempertimbangkan situasi terkini di tengah masyarakat.

“Akan ada pembahasan kembali mempertimbangkan situasi terkini,” ungkap Adita sepert dikutip detikcom, Rabu 11 Mei 2022.

Seberapa besar rencana kenaikan yang akan berlaku?

Melansir detikcom, usulan kenaikan ini datang dari Ditjen Perkeretaapian. Adapun tarif yang akan naik adalah tarif dasar sejauh 25 kilometer (km) untuk perjalanan pertama .

Bila awalnya tarif untuk 25 km pertama hanya Rp 3.000, rencananya dinaikkan menjadi Rp 5.000. Tepatnya tarif bakal naik Rp 2.000. Sementara itu, untuk tarif lanjutan 10 km berikutnya tetap di angka Rp 1.000. Tidak mengalami kenaikan.

Angka itu didapatkan dari survei ability to pay-willingnes to pay (ATP/WTP) yang dilakukan oleh pihaknya. Survei itu dilakukan untuk melihat kemampuan dan keinginan membayar dari masyarakat untuk ongkos .

Dari survei yang dilakukan pihaknya di Jabodetabek, rata ATP atau kemampuan membayar masyarakat adalah sebesar Rp 8.486 untuk ongkos KRL. Sementara WTP alias keinginan untuk membayar masyarakat pada moda sebesar Rp 4.625.

Survei itu dilakukan pada 6.841 orang di Jabodetabek. Mulai dari lintas Bogor, Bekasi, Serpong, hingga Tangerang.

Angka itu, menurut Adita usulan kenaikan tarif tersebut sejauh ini masih sama dan belum berubah. Kenaikan tarif KRL hanya tinggal menunggu waktu. “Untuk angkanya, hasil kajian kemarin masih sama,” ujarnya.

Mulai dari rute Stasiun Bogor-Jakarta Kota, rute ini panjangnya 54,8 km dari ujung ke ujung. Dengan tarif yang berlaku saat ini harga tiketnya senilai Rp 6.000, bila tarif naik akan menjadi Rp 8.000.

Sementara itu untuk rute Bekasi-Jakarta Kota dengan panjang 26,5 km, harga tiketnya saat ini Rp 4.000 dan bakal naik jadi Rp 6.000.

Kemudian, untuk rute Serpong-Tanah Abang, saat ini harga tiketnya sebesar Rp 3.000 dengan panjang rute Rp 24,2 km. Bila tarifnya dinaikkan maka harga tiket akan menjadi Rp 5.000.

Sama halnya seperti rute Tangerang-Tanah Abang sepanjang 22,9 km, saat ini harga tiketnya cuma Rp 3.000. Bila tarif dinaikkan akan jadi Rp 5.000. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here