Manfaat Sorgum yang Cocok Sebagai Pengganti Nasi

Menu

Mode Gelap
Diduga Ruko di Desa Rancabungur Jadi Sarang Penjualan Obat Terlarang Muncul Lagi di Wuhan, China Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Banyak Masalah, Kemensos RI Cabut Izin ACT! Cek Lokasi Perpanjangan SIM Kota Bogor, Rabu 6 Juli 2022 Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya!

Kesehatan · 16 Mei 2022 22:59 WIB

Mengenal dan Mengetahui Manfaat Sorghum yang Cocok Sebagai Pengganti Nasi


 Ilustrasi. (GliztMedia/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi. (GliztMedia/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Mencari alternatif pengganti nasi dalam program diet maupun kesehatan bagi tubuh? Sorgum dapat menjadi alternatif yang sangat baik.

Sikecil berbentuk biji ini kaya akan segudang manfaat bagi tubuh. Selain baik untuk program diet kamu, manfaat yang didaptkan untuk tubuh juga sangat menarik.

Penasaran tentang kandungan apa saja didalam sorghum? Disini penulis akan mengupas manfaat sorgum si kecil pengganti nasi yang sangat baik bagi tubuh.

Menyadur Hellos Sehat, manfaat Sorgum yang cocok sebagai pengganti nasi:

1. Baik untuk Penderita Celiac

Hal ini dikarenakan sorgum adalah bebas gluten yang mana menjadi penyebab utama dari penyakit celiac. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan sorghum ini sebagai pengganti tepung. Selain penderita celiac, penderita IBS juga dapat mengkonsumsinya.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tinggi serat, ya itulah kandungan yang dimiliki sorghum. Tentunya, ini sangat cocok bagi kamu yang sedang menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan. Kandungan pada sorghum membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

3. Tinggi Antioksidan

Zat yang paling dibutuhkan oleh tubuh salah satunya adalah makanan yang kaya akan antioksidan. Kandungan phytochemical pada soghum sangat berguna bagi tubuh sebagai antioksidan.

Antioksidan yang tinggi terletak pada dedak sorghum yangmana lebih tinggi dari buah-buahan pada umumnya seperti blueberry dan stroberi.

Selain itu, sorghum juga dapat mengurangi proses penuaan dini, risiko penyakit kanker, jantung, diabetes tipe II dan penyakit lainnya.

4. Mengontrol Gula Darah

Kaya akan zat besi, mengandung lebih dari 8 miligram disetiap sajian percupnya. Kandungan mineral ini sangat penting untuk fungsi hemoglobin dalam tubuh sedangkan kandungan proteinnya bertanggungjawab untuk mengalirkan oksigen kedalam darah serta menjadikan sistem kardiovoskular menjadi lebih baik.

Hal ini dikarenakan sorghum kaya akan kalsium,kalium, tembaga, fostor dan vitamin B.

5. Membantu Meringankan Radang dan Bengkak

Sorgum dapat membantu proses penyembuhan luka karena mengandung asam fenolat sebagai anti-inflamasi dalam mengatasi peradangan yang sedang terjadi pada tubuh sehingga sorghum juga dapat mengurangi peradangan pada seseorang yang terinfeksi HIV.

6. Menjaga Kesehatan Tulang

Serigkali kita melupakan betapa pentingnya untuk mengetahui kandungan makanan yang mengandung kalsium bagi kesehatan dan kekuatan tulang.

Sorghum menjadi pilihan tepat untuk dikonsumsi sebagai pengganti nasi karena kaya akan magnesium. Magnesium adalah mineral yang dapat membantu tubuh untuk mempertahankan jumlah kalsium yang tepat dan penyerapannya.

7. Sumber Protein

Selain kaya serat dan mengandung berbagai vitamin maupun mineral, sorghum si kecil pengganti nasi juga kaya akan protein.

Satu cup surghum megandung lebih dari 20 gram protein. Tentunya ini sangat berguna bagi proses pembentukan badan.

Selain untuk membuat otot lebih kuat dan menurunkan berat badan juga dapat membantu proses regenerasi sel didalam tubuh.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Makan Buah Duku Kebanyakan Bisa Bikin Gendut

6 Juli 2022 - 19:49 WIB

Cara Agar Bulu Mata Lentik, Konsumsi Makanan Ini!

6 Juli 2022 - 18:01 WIB

Awas! Ini yang Terjadi pada Kulit Jika Mencuci Muka Pakai Air Berlebihan

6 Juli 2022 - 17:11 WIB

5 Penyebab Mundurnya Siklus Menstruasi Pada Wanita

6 Juli 2022 - 16:23 WIB

siklus menstruasi

4 Manfaat Mandi Air Hangat, Bikin Kualitas Tidur Lebih Baik

6 Juli 2022 - 10:12 WIB

Mandi Air Hangat

Atasi Susah Kentut  dengan 4 Cara Ini, Buang Angin Lebih Lancar

5 Juli 2022 - 22:48 WIB

Trending di Kesehatan