Friday, 19 April 2024
HomeBeritaResmi Dilantik Pj Gubernur Gorontalo, Ini Sosok Hamka Hendra Noer

Resmi Dilantik Pj Gubernur Gorontalo, Ini Sosok Hamka Hendra Noer

Bogordaily.net – Resmi menggantikan Rusli Habibie yang masa jabatannya telah selesai, Hamka Hendra Noer telah dilantik sebagai Penjabat atau , Kamis 12 Mei 2022.

Ia lahir di Manado, 20 Juli 1968. Sebelum dilantik sebagai , Hamka merupakan Staf Ahli Bidang Budaya Sportivitas Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Hamka juga tercatat pernah menjabat sebagai Asisten Deputi Kemitraan dan Penghargaan Olahraga pada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga. Selain itu, dia pernah bertugas di Kemenko Kesra dan Badan Urusan Logistik.

Hamka merupakan lulusan Universitas Sam Ratulangi tahun 1992. Dia melanjutkan studi magister di Universitas Indonesia jurusan Ilmu Lingkungan dan lulus tahun 1998.

Selanjutnya, ia tercatat menyelesaikan studi doktor tahun 2012 di Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM).

Saat itu, disertasinya berjudul ‘Bureaucracy and Political Parties in Indonesia: Shift From The New Order to The Reformasi Period‘ mendapat penghargaan excellent dissertation dari UKM.

Hamka tercatat sempat menjadi dosen program pascasarjana dan penguji tesis di sejumlah perguruan tinggi di Indonesia, di antaranya UI, UGM, USU, Universitas Bung Karno, Universitas Muhammadiyah Prof Hamka, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Indonesia Jakarta, dan dosen Fakultas Hukum Universitas Sam Ratulangi Manado.

Hamka telah mempublikasikan 22 jurnal ilmiah dan menerbitkan lima buku. Salah satu buku yang diterbitkan Hamka yakni ‘Ketidaknetralan Birokrasi Indonesia'.

Hamka dikenal aktif di berbagai organisasi. Ia sempat menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Lamahu, sebuah organisasi perkumpulan masyarakat rantau Gorontalo sejak 2012-2014. Dua tahun berselang, ia terpilih sebagai Wakil Ketua Umum periode 2016-2020.

Tidak hanya itu, Hamka juga tercatat aktif di Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KNPI sejak 2002 hingga 2011.*

(Muhammad Rizki Maulana)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here