Tuesday, 21 May 2024
HomePolitikSurvei LSJ Sebut Kepuasan Terhadap Jokowi Turun, Karena...

Survei LSJ Sebut Kepuasan Terhadap Jokowi Turun, Karena…

Bogordaily.net– Kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo () menurun. Hal itu terungkap dari hasil yang dilakukan Lembaga Jakarta (LSJ).

yang dilakukan pada 15-28 April 2022 itu hasilnya kepuasan terhadap sebesar 63,2 persen.

Peneliti Senior LSJ Fetra Ardianto mengatakan meski perolehan ini masih terbilang tinggi, tetapi menurun jika dibandingkan hasil pada Februari 2022 yang berada di angka 67,4 persen.

“Sebanyak 63,2 persen publik mengaku puas terhadap kinerja pemerintahan . Meskipun cukup tinggi, tetapi jika dibandingkan dengan LSJ sebelumnya, tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintahan mengalami penurunan,” kata Fetra dalam konferensi pers yang dikutip dari CNN Indonesia, Kamis, 19 Mei 2022.

Salah satu alasan yang menjadi faktor menurunnya kepuasan publik ini kata Fetra adalah isu penundaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Selain itu, krisis bahan pangan dan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

“Krisis minyak goreng, kenaikan harga BBM, dan mahalnya harga sembako di berbagai daerah juga berkontribusi menurunkan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Jokowi,” paparnya.

Lebih lanjut Fetra mengungkapkan sekitar 41,2 persen responden mengatakan kinerja pemerintahan lambat dalam mengatasi krisis minyak goreng. Hanya 30,1 persen responden yang mengatakan pemerintah cepat dalam mengatasi masalah ini, sisanya menjawab biasa-biasa saja.

Namun, tingginya tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi ini tidak diimbangi dengan kinerja para menterinya, khususnya Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi.

Sementara itu, menyangkut masalah perekonomian nasional, 35 persen responden mengatakan kondisi ekonomi nasional saat ini kurang baik. Hal ini berkorelasi dengan kelangkaan minyak goreng yang sempat terjadi beberapa minggu lalu.

LSJ dilakukan terhadap generasi digital native atau generasi yang lahir berdampingan dengan teknologi informasi. LSJ melakukan penarikan sampel secara purposif dengan klasifikasi responden berusia 15-34 tahun.

Proses penentuan jumlah responden menggunakan metode lemeshow, diperoleh 1.225 sampel dengan margin of error ±2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tatap muka dengan pedoman kuesioner.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here