Syarat PNS Bisa Work From Anywhere

Menu

Mode Gelap
Diduga Ruko di Desa Rancabungur Jadi Sarang Penjualan Obat Terlarang Muncul Lagi di Wuhan, China Alami Lonjakan Kasus Covid-19 Banyak Masalah, Kemensos RI Cabut Izin ACT! Cek Lokasi Perpanjangan SIM Kota Bogor, Rabu 6 Juli 2022 Mau Kuliah Gratis di STAI Al-Hidayah? Cek Persyaratannya!

Headline ยท 13 Mei 2022 01:51 WIB

Syarat PNS Bisa Work From Anywhere


 ASN.(Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

ASN.(Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Ada Dua Syarat PNS Bisa Work From Anywhere. Syarat itu setelah ada kebijakan baru bahwa PNS bisa bekerja diaman saja selayaknya para freelancer.

Saat ini pemerintah tengah menyiapkan sistem kerja baru yaitu work from anywhere (WFA). Itu berarti, PNS nantinya tidak perlu ke kantor karena bisa bekerja di mana saja.

Namun, tak semua PNS bisa menerapkan sistem kerja tersebut. Ada beberapa kriteria PNS yang bisa menerapkan sistem kerja WFA.

Plt Kepala Biro Hukum, Komunikasi, dan Informasi Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Mohammad Averrouce menjelaskan, sejalan dengan reformasi dan penyederhanaan birokrasi, pemerintah melakukan penyederhanaan struktur organisasi, pengalihan jabatan struktural ke fungsional, serta penyesuaian sistem kerja yang lebih dinamis.

“Pengaturan sistem kerja pegawai ASN dengan fleksibilitas lokasi dan waktu bekerja dengan memaksimalkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan kinerja pegawai ASN dan menjamin efektivitas dan efisiensi penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik,” terangnya seperti dikutip dari detikcom, Kamis 12 Mei 2022.

Prosedur dan pola pengaturan FWA dengan melihat flexi place atau fleksibilitas tempat di mana pekerjaan yang dapat dilakukan tanpa harus hadir di kantor.

Kemudian, penggunaan teknologi dan komunikasi untuk menghubungkan pegawai dengan atasan maupun stakeholder dari jarak jauh, meningkatkan produktivitas sebab pegawai tidak memakan banyak waktu untuk pulang-pergi ke kantor, dan juga cocok bagi pegawai fungsional dan berkebutuhan khusus.

Kemudian, flexi time di mana pegawai memiliki kontrak jumlah waktu bekerja yang harus dipenuhi. Kemudian, pegawai dapat memilih kapan mereka mulai dan selesai bekerja, selama memenuhi waktu kerja yang telah ditetapkan dan terdapat ‘core hours’ di mana semua pegawai diwajibkan hadir di kantor.

“Konsep WFA (work from anywhere) merupakan bagian kecil dari FWA,” katanya.

Dia menyebut, terdapat beberapa kriteria instansi yang dapat menerapkan sistem FWA ini.

Pertama, instansi yang memiliki jabatan yang masuk ke dalam persyaratan pekerjaan yang dapat di FWA-kan.

Kedua, instansi yang sebagian besar atau lebih dari 50% pegawainya telah menguasai teknologi informasi, baik pemanfaatan software maupun hardware.

“Dan ketiga instansi yang telah memiliki struktur organisai yang efektif dan efisien,” sambungnya. ***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Daftar Harga Sembako di Kota Bogor Pekan Ini

6 Juni 2022 - 12:37 WIB

Pelaku Penculikan Anak di Bogor Mantan Teroris

12 Mei 2022 - 23:02 WIB

Pesta Gol 5-1 Lawan Watford, Manchester City Makin Kokoh di Puncak Klasemen

23 April 2022 - 21:30 WIB

Hasil Big Match Liga Champion, Manchester United vs Arsenal, Ronaldo dkk Dibantai 3-1.

23 April 2022 - 20:38 WIB

Video Viral Ara Chuu Pramuka Diburu Warganet

22 April 2022 - 13:18 WIB

Video Viral Ara Chuu

Poster Ajakan STM Demo di Istana beredar di Medsos, Humas Polda: Dibubarkan

8 April 2022 - 17:04 WIB

Poster Ajakan STM Demo
Trending di Headline