Saturday, 20 April 2024
HomeEkonomiTabungan Mengendap di Bank, Awas Bisa Bikin Rugi!

Tabungan Mengendap di Bank, Awas Bisa Bikin Rugi!

Bogordaily.net mengendap lama dalam rekening rupanya bukan pilihan bijak. Terdapat beberapa faktor yang dapat membuat uang semakin menipis secara perlahan.

Dilansir dari Detik.com, penyebabnya yakni terjadi penyusutan nilai karena tergerus inflasi. Dengan kata lain, nilai rill tabungan akan menyusut seiringnya waktu akibat inflasi.

Adapun yang dimaksud dengan nilai riil adalah kemampuan daya tukar atau daya beli uang pada barang atau jasa. Sekilas memang mirip dengan nilai nominal, tetapi sebenarnya berbeda.

Contoh, simpanan tabungan sebesar Rp10 juta di pada sepuluh tahun yang lalu terasa lebih besar ketimbang menyimpan tabungan sebesar Rp10 juta di masa sekarang. Hal ini disebabkan biaya hidup dan keperluan sehari-hari saat ini lebih besar ketimbang sepuluh tahun yang lalu.

Dengan kata lain, menyimpan uang tunai senilai Rp10 juta dalam tabungan dalam kurun waktu yang lama, semisal sepuluh tahun tadi, bukanlah pilihan yang bijak.

Selain nilai rill tabungan yang terus menyusut, secara nominal pun jumlahnya ikut berkurang karena dipotong biaya administrasi. Di beberapa swasta maupun BUMN, terdapat beberapa jenis biaya administrasi yang harus dibayarkan seorang nasabah yang dipotong secara otomatis dari uang tabungan nasabah yang bersangkutan.

Potongan yang paling umum adalah biaya administrasi bulanan. Jumlahnya bervariasi dari mulai Rp 3.000 hingga Rp 20.000 per bulannya.

“Biaya administrasi rutin ini akan dipotong secara otomatis dari rekening nasabah secara rutin setiap bulannya,” ujar seorang teller swasta dikutip dari Detik.com.

Tak hanya itu, masing-masing menerapkan biaya tertentu untuk setiap transaksi pemindahan dana atau transfer yang melibatkan yang berbeda. Biaya transfer ditanggung langsung oleh nasabah setiap kali melakukan transaksi. Besarannya berkisar antara Rp1.500 hingga Rp5.000 setiap transaksi.

Hal lainnya adalah kebijakan saldo mengendap atau saldo minimum. Ada beberapa yang mensyaratkan nasabah harus mengendapkan dananya dengan batas minimal tertentu.

Biaya administrasi lainnya adalah biaya administrasi untuk pemindahan rekening, perubahan jenis tabungan, pencetakan rekening koran, penutupan rekening dan lainnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here