Friday, 29 March 2024
HomeEkonomiTak Ada Lagi BI Checking, Ini Dia Penggantinya

Tak Ada Lagi BI Checking, Ini Dia Penggantinya

Bogordaily.net– Saat mengajukan ke bank baik Pemilikan Rumah (KPR), Tanpa Agunan (KTA) atau kartu , salah satu syaratnya adalah BI Checking. BI checking yang biasa dikenal adalah sistem informasi debitur (SID) di (BI) kini tak adalagi.

Dikutip Detik.com dari laman konsumen.ojk.go.id, informasi tersebut kini berada di ranah Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dengan nama Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

SLIK merupakan catatan informasi riwayat debitur bank dan lembaga keuangan lainnya. Informasinya mencakup kelancaran pembayaran . Di dalam SLIK ini berisi riwayat yang pernah diambil. Misalnya si A memiliki KPR dan dia menunggak pembayaran 2 bulan.

Tunggakan atau tidak lancarnya pembayaran akan tercatat di SLIK. Begitupun sebaliknya, ketika lancar membayar cicilan, maka riwayat informasi akan masuk dalam kategori lancar.

SLIK bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui skor yang dimiliki. Semakin baik skor, maka semakin bagus pula penilaian dari lembaga keuangan untuk proses penarikan . Meskipun skor kredit bukanlah satu-satunya penilaian dan masih ada poin lain.

SLIK juga memiliki tingkatan kelancaran. Biasanya data SLIK ini jadi salah satu perhitungan bank atau lembaga keuangan ketika ingin menyalurkan kredit.

Cara untuk mendapatkan SLIK OJK salah satunya adalah melalui laman resmi konsumen.ojk.go.id/ministedplk/registrasi. Namun layanan ini tidak bisa dikuasakan, karena itu debitur harus melakukannya sendiri.

Dalam laman tersebut debitur akan diminta untuk mengisi tanggal layanan dan memilih jam antrean. Ada kuota yang tersedia setiap harinya. Jika debitur tak bisa memilih antrean pada hari tersebut bisa memilih di hari yang kuotanya masih tersedia. Debitur juga akan diminta untuk melampirkan foto e-KTP untuk WNI dan paspor untuk WNA, dan diminta memilih kebutuhan permintaan iDeb ini untuk kebutuhan tertentu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here