Tekanan Darah Menurun? Coba Konsumsi 5 Macam Buah Ini

Menu

Mode Gelap
Hasil Piala Asia U-17, Timnas Indonesia Menang Tipis 3-2 Atas UEA Siap-siap Tampung Air, Pipa PDAM Sedang dalam Perbaikan Tidak Ditilang, Polisi Tegur Ratusan Pelanggar pada Hari Kedua Operasi Zebra Lodaya Update Terkini Perbaikan Pipa PDAM, Ini Wilayah yang Terdampak Buntut Tragedi Stadion Kanjuruhan, Kapolres Malang AKBP Ferli Hidayat Dicopot!

Kesehatan · 5 Mei 2022 11:03 WIB

Tekanan Darah Menurun? Coba Konsumsi 5 Macam Buah Ini


 Buah-buahan. (Istimewa/Bogordaily.net) Perbesar

Buah-buahan. (Istimewa/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Tekanan darah menurun atau rendah dapat diobati dengan obat-obatan. Namun, untuk mengurangi konsumsi obat-obatan dalam menyembuhkan tekanan darah yang rendah, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan yang dapat menyembuhkan secara alami.

Merangkum dari Yoursay, berikut 5 macam buah yang cocok dikonsumsi saat tekanan darah rendah:

1. Buah Lemon

kandungan antioksidan di dalamnya dapat mengatur sirkulasi darah dan mengembalikan tekanan darah kembali normal.

Menurut tinjauan dr. Rizal Fadli, jika kamu merasakan gejala dari tekanan darah rendah, minumlah segelas perasan lemon dicampur dengan gula dan garam agar semuanya kembali normal.

2. Buah Semangka

Buah semangka ada yang berwarna merah dan kuning. Kedua jenis semangka ini memiliki kandungan air yang tinggi sehingga baik untuk meningkatkan cairan tubuh kembali normal.

Lebih lanjut dr. Rizal Fadli menuturkan bahwa semangka juga mengandung antioksidan likopen yang baik untuk menghilangkan radikal bebas pada aliran darah.

3. Buah Bit

Berdasarkan halodoc, buah bit ini juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh dan juga untuk menormalkan tekanan darah rendah.

Buah bit merupakan sumber folat yang dapat mencegah terjadinya anemia. Menurut dr. Rizal, ketika kamu mengalami anemia, tekanan darah juga dapat ikut menurun.

Maka dari itu, cobalah untuk lebih banyak mengonsumsi buah ini. Buah bit juga bisa dikonsumsi dengan berbagai cara, salah satunya dijadikan sebagai jus.

4. Buah Pisang

Sama seperti buah bit, buah pisang juga memiliki kandungan asam folat yang tinggi sehingga tekanan darah rendah dapat diatasi.

Dikutip dalam halodoc, beberapa kandungan di pisang, seperti potasium dan vitamin B6 dapat membantu tubuh untuk mengontrol tekanan darah.

5. Buah Alpukat

Menurut dr. Airindya Bella dalam alodokter, buah alpukat kaya akan kalium dan folat. Mineral dalam buah alpukat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah dan mencegah terjadinya anemia.

Kalium juga berfungsi untuk mengatur irama jantung agar tetap teratur. Buah alpukat lebih enak jika dikonsumsi sebagai minuman jus.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

 
Baca Lainnya

Jangan Menahan Buang Air Kecil, Bisa Infeksi!

6 Oktober 2022 - 18:55 WIB

menahan buang air kecil

Hindari Lakukan 5 Hal Ini Setelah Makan!

6 Oktober 2022 - 18:02 WIB

setelah makan

Kamu Lagi Sakit Flu? Coba Yuk 4 Obat Alami Ini

6 Oktober 2022 - 09:58 WIB

tanaman herbal

Minum Teh Setiap Hari Bantu Kurangi Resiko Penyakit, Mitos atau Fakta?

5 Oktober 2022 - 17:25 WIB

minu teh setiap hari

Berikut Info Jadwal Praktek Dokter Spesialis di Bogor Senior Hospital

5 Oktober 2022 - 13:36 WIB

Waspada! Ini 7 Tanda Kamu Lagi Stres Berat

5 Oktober 2022 - 09:43 WIB

Trending di Kesehatan