Friday, 3 May 2024
HomeKulinerTips Ampuh Mengatasi Kecanduan Pada Mie Instan

Tips Ampuh Mengatasi Kecanduan Pada Mie Instan

Bogordaily.net – Mie instan sangat digemari oleh smeua kalangan masyarakat diseluruh penjuru dunia, bahkan sampai ada yang kecanduan mie instan. Akan tetapi, bisa bahaya jika Anda sudah ketagihan mie instan. Oleh karena itu, inilah beberapa ampuh mengatasi bahaya pada mie instan.

Mie Instan jika dikonsumsi secara berlebihan, sangat beresiko bagi kesehatan tubuh. Bahan kimia dan pengawet yang ada di dalam mi instan dapat membahayakan kesehatan tubuh kamu bila dikonsumsi terus-menerus.

Nah, untuk mengurangi bahaya mengonsumsi mie instan, berikut ini beberapa ampuh yang bisa kamu ikuti.

1. Jangan menyimpan mie instan di rumah

Hasrat untuk mengkonsumsi mie instan bisa muncul kapan saja. Karena itu, ada baiknya kamu tidak menyimpan mie instan dirumah. Pasalnya,  kamu akan semakin mudah tergoda makan mie kalau ada persediaan di rumah.

Hasrat untuk mengonsumsi mie instan biasanya akan hilang sendiri setelah beberapa saat atau kalau sudah memakan makanan yang lain.

2. Beri jarak memakan mie instan

Sama halnya seperti kecanduan merokok, kecanduan mengonsumsi mie instan harus dilakukan secara perlahan. Beri jarak mengonsumsi mie instan secara bertahap.

Misalnya, biasanya Anda makan mie setiap hari, ubahlah menjadi 2-3 kali dalam seminggu, sampai Anda berhasil mengurangi keinginan Anda makan mie instan menjadi sebulan sekali.

3. Ganti bumbu dengan bahan alami

Salah satu hal yang membuat kamu begitu menggemari mie instan adalah karena cita rasa gurih pada bumbunya. Sedangkan kandungan bumbu yang disediakan dalam mie tersebut, memiliki kandungan bahan pengawet kimia yang bisa membahayakan kesehatan tubuh kamu.

Karena itu, salah satu cara untuk mengurangi bahaya tersebut adalah dengan mengubah bumbunya. Kamu bisa membuang bumbu mie instan lalu menggantinya dengan membuat bumbu sendiri dari rempah-rempah yang dapat dengan mudah kamu temui di pasar.

4. Tambahkan makanan sehat

Kamu bisa mencampurkan mie instan kesukaan kamu dengan telur dan beberapa jenis sayur agar tetap sehat. Kamu bisa menambahkan sayuran seperti sawi hijau, kol, tomat, mentimun, taoge, wortel, pokcoy, kangkung, atau brokoli.

Jangan lupa kurangi porsi setiap kali makan. Rebus mie hanya setengah porsi, dengan begitu Anda akan lebih kenyang karena bahan pelengkap tadi yang membuat Anda kenyang, bukan mie instannya.

5. Belajar masak

Beberapa orang ketagihan mie instan karena sangat mudah disiapkan. Terutama kalau Anda sedang kelaparan. Untuk mengubah kebiasaan tersebut, belajarlah memasak.

Mulai dari hidangan yang sederhana seperti telur dadar sampai yang cukup rumit seperti sop. Kalau bisa masak, Anda jadi lebih kreatif dan tak akan memilih mi instan saat lapar.***

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here