Friday, 3 May 2024
HomeBeritaJangan Salah! Ini 5 Tips Atasi Jerawat yang Baru Muncul

Jangan Salah! Ini 5 Tips Atasi Jerawat yang Baru Muncul

Bogordaily.net – Jerawat baru muncul berwarna merah dan benjolan kecil tanpa mata nanah dan terasa sakit. Hal ini diakibatkan tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati yang kemudian menyebabkan peradangan.

Dikutip dari Yoursay, biasanya jerawat belum ‘matang' akan lebih menyakitkan dan menganggu. Untuk itu harus memperhatikan langkah pertama untuk mengatasinya.

Berikut ini ada lima langkah pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi jerawat baru tumbuh, seperti yang telah dirangkum dari Halodoc dan beberapa sumber lain:

1. Hindari Memegang Jerawat

Pastikan untuk tidak memegang jerawat atau bahkan memencetnya. Sering memencet jerawat akan menyebabkan munculnya jerawat baru sebab kondisi tangan tidak higenis saat menyentuh kulit, hingga menyebabkan kuman dan bakteri akan menginfeksi jaringan kulit lainnya.

Selain itu jerawat yang dipencet akan menyebabkan luka lebih parah, bahkan bisa meninggalkan bekas kehitaman dan bopeng yang akan semakin sulit untuk disembuhkan.

2. Menggunakan Acne Patch

Acne patch dapat digunakan untuk ‘menarik' isi jerawat. Selain dapat mengeluarkan isi jerawat yang sudah matang, acne patch juga dapat mengatasi jerawat baru yang belum keluar matanya tanpa menyebabkan bekas jerawat yang susah pudar.

Perlu dipahami juga untuk mendapatkan hasil yang optimal agar menyesuaikan dengan kondisi jerawat.

Terdapat tiga jenis acne patch antara lain regular patch (menutup jerawat agar tidak terekspos bakteri lainnya), patches with active ingredients (terdapat bahan aktif untuk mengatasi jerawat dan menenangkan area yang meradang), dan microdart patch (terdapat seperti jarum kecil yang mampu menutrisi kulit dengan bahan aktif langsung pada akar jerawat).

3. Berikan Acne spot atau Acne gel

Acne spot atau acne gel atau juga bisa disebut obat jerawat merupakan treatment khusus untuk jerawat, biasanya berbentuk gel transparan yang fungsi utamanya adalah membantu menyembuhkan peradangan dengan membunuh bakteri aktif penyebab jerawat.

Penggunaan obat jerawat yang rutin akan bantu membuat jerawat cepat matang dan membuat segera sembuh.

4. Kompres dengan Toner Jerawat

Toner berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit serta menghilangkan kotoran diwajah. Beberapa toner memiliki kandungan yang dapat membuat jerawat cepat sembuh seperti tea tree oil hingga AHA.

Caranya cukup mudah, yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan toner yang memiliki bahan aktif mengatasi jerawat dan kapas.

Tuangkan toner ke kapas lalu taruh kapas tersebut tepat di jerawat yang akan tumbuh, biarkan beberapa saat.

5. Oleskan Masker Sulfur

Apabila rentetan cara di atas belum juga berhasil, langkah lain yang bisa kamu coba adalah menggunakan masker sulfur.

Masker sulfur mampu membuka yang tersumbat dan mengurangi peradangan, sehingga dapat membantu jerawat yang akan tumbuh atau yang sudah bengkak akan semakin mengecil. Kamu bisa mendiamkan masker sulfur selama beberapa saat, tapi jangan seharian ya.

Upaya-upaya mudah di atas dapat dilakukan sebagai langkah pertama untuk mengatasi jerawat yang baru tumbuh atau yang sudah meradang.

Jika tidak kunjung selesai atau bahkan jerawat semakin berkembang biak alangkah baiknya untuk segera menghubungi dokter.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here