Friday, 26 April 2024
HomeEkonomiTips Jual Perhiasan Emas Agar Untung

Tips Jual Perhiasan Emas Agar Untung

Bogordaily.net– Salah satu jenis investasi yang populer di masyarakat adalah . Selain nilainya yang tahan terhadap inflasi, juga dapat dengan mudah dijual kembali saat sedang dibutuhkan. Tak heran bila jenis investasi ini masih menjadi primadona, terlebih di kalangan ibu-ibu. Lalu bagaimana cara menjual agar makin untung? Dikutip Detik.com dari laman Sahabat Pegadaian, berikut tips jual untuk meminimalkan risiko kerugian:

Pahami Kadar dan Harga Jualnya

Nilai jual tergantung besar karat dan beratnya. Harga jual 18 karat tentu akan berbeda dengan 24 karat. Nilai jual 24 karat akan lebih mahal. Pastikan jika nominal uang yang diterima sesuai dengan takaran .

Cari Tempat Tepat

Tips jual selanjutnya adalah mencari tempat atau toko emas yang tepat. Sebab tak semua toko perhiasan mau membeli emas dengan harga mahal, karena setiap toko akan memiliki kriteria harga emas yang berbeda-beda. Salah satu tempat yang biasa masyarakat pilih untuk menjual emas adalah Pegadaian, sebab Pegadaian bisa membeli emas dengan harga relatif mahal, sekitar 97% dari nilai jual di pasaran. Tempat lainnya yang bersedia memberikan 95% dari harga pasar adalah unit Antam dan butik emas di berbagai mal.

Jual di Tempat Saat Membeli Emas

Bila tidak menemukan toko atau tempat yang cocok untuk menjual emas, tips selanjutnya adalah jual perhiasan emas di toko saat membeli emas. Pada umumnya, toko emas akan bersedia menerimanya kembali. Namun, tentu harganya akan lebih rendah, jika dibandingkan saat melakukan pembelian. Biasanya, nominal yang diterima hanya 70-80% dari harga beli.

Teliti Keaslian Emas

Saat ingin menjual perhiasan emas, tips yang perlu diperhatikan adalah teliti terhadap status keaslian emas dengan jenis alat yang digunakan. Beberapa toko perhiasan umumnya akan memberikan syarat pengecekan emas untuk mengetahui keaslian emas tersebut. Toko perhiasan yang jujur akan memakai alat avometer atau X-Ray Fluorescence untuk melihat keaslian emas. Namun, jika pihak toko perhiasaan meminta emasnya digosok, sebaiknya hal ini perlu dihindari sebab bisa mengurangi kadar emas.

Menyertakan Surat Pembelian Emas

Surat pembelian emas merupakan bukti keaslian emas. Secara umum, surat pembelian emas akan berbentuk nota resmi dari toko tempat membeli emas tersebut. Namun, bagi sebagian orang banyak yang lupa bahwa surat pembelian merupakan hal yang penting, untuk itu hati-hati saat menyimpannya. Sebab bila surat pembelian emas hilang, maka hal tersebut akan menurunkan harga jual emas.***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here