Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaUpacara Pemakaman Pria Palestina Diserang Polisi Israel

Upacara Pemakaman Pria Palestina Diserang Polisi Israel

Bogordaily.net– Polisi dan warga terlibat bentrokan saat pores pemakaman seorang pria di Kota Tua Yerusalem, Senin, 16 Mei 2022.

Juru bicara kepolisian Israel mengklaim warga yang hadir menembakkan kembang api dan melemparkan batu dan benda lainnya ke arah aparat.

Kepolisian Israel juga menyebut sebanyak 15 orang ditahan akibat bentrokan tersebut sedangkan enam polisi terluka.

Mendiang pria itu bernama Waleed al-Shareef. Ia meninggal dunia akibat luka saat bentrokan terjadi di kompleks Masjid Al-Aqsa antara warga Muslim dan aparat Israel April lalu.

Dilansir CNN Indonesia dari kantor berita Anadolu, jenazah Shareef ditahan oleh otoritas Israel dan baru diserahkan kepada keluarganya pada Senin, 16 Mei 2022 pagi. Selain Shareef, ratusan orang ikut terluka akibat bentrokan selama bulan Ramadan tersebut.

Ketegangan antara aparat Israel dan warga terus memanas, terutama di Kota Jenin, Tepi Barat.

Sementara itu di wilayah tersebut, aparat Israel kerap melancarkan razia yang memicu pertikaian dengan warga sekitar.

Beberapa waktu lalu seperti diberitakan sebelumnya, pemakaman wartawan senior Al Jazeera, Shireen Abu Akleh yang tewas tertembak polisi Israel saat meliput bentrokan warga dan aparat Israel di Kota Jenin juga diwarnai bentrokan antara warga dan kepolisian Israel.

Shireen Abu Akleh dimakamkan di Gereja Katedral the Annunciation of the Virgin, Yerusalem, Jumat, 13 Mei 2022 lalu.

Jenazah Abu Akleh sempat digiring oleh ribuan orang dan dibalut bendera . Banyak warga yang rela hadir ke pemakaman jurnalis itu demi memberikan penghormatan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here