Wednesday, 1 May 2024
HomeViralViral! Muncul Fenomena Alam Waterspout di Bali, Ini Kata BMKG

Viral! Muncul Fenomena Alam Waterspout di Bali, Ini Kata BMKG

Bogordaily.net – Sebuah video memperlihatkan fenomena atau waterspout yang menjulang tinggi  di tengah lautan atau waterspout di Bali, di media sosial (medsos)

Waterspout itu diduga terjadi di perairan wilayah Pantai Mertasari, Desa Sanur Kauh, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali.

Dalam video itu, terlihat pusaran angin menjulang tinggi di tengah laut hingga ke langit. Nampak pulas,
dii atasnya tampak terdapat gumpalan awan hitam.

Menurut keterangan dalam video disebutkan, fenomena itu terjadi pada Kamis siang, 26 Mei 2022.

Kemudian nampak pula dalam video itu juga tampak terdapat pemancing di sekitar lokasi. Beberapa kapal cepat (speedboat) beserta kapal tradisional atau jukung nelayan berada tidak jauh dari lokasi waterspout.

Di video yang tersebar, titik waterspout berada di tengah laut. Karena jaraknya cukup jauh, aktivitas di pantai Sanur tetap berjalan normal.

Sejumlah wisatawan tetap beraktivitas di pantai, seperti berenang, bermain kano dan memancing. Mereka bahkan mengabadikan fenomena langka itu dengan kamera handphone.

Angin di tengah laut itu sempat membuat heboh wisatawan. Kejadian alam itu sempat direkam warga dan dibagikan ke media sosial sehingga menjadi .

“Fenomena waterspout terlihat dari pantai Sanur,” tulis sejumlah akun Instagram.

Dilansir dari okezone,com, Kordinator bidang data dan informasi BMKG Denpasar I Nyoman Gede Wiryajaya mengatakan, dari hasil pencitraan satelit, fenomena waterspout di pantai Sanur terjadi sekitar pukul 14.00 Wita.

Hal itu berdasarkan munculnya awan cumulonimbus yang berdampak pada munculnya fenomena cuaca ekstrem, salah satunya waterspout.

“Masyarakat tidak perlu panik asal tidak berada terlau dekat dengan waterspout. Nelayan yang sedang melaut diminta menjauh,” ujarnya.

Namun demikian, BMKG Denpasar menghimbau agar masyarakat sekitar pantai tetap waspada dengan adanya fenomena wouterspout itu.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here