Friday, 17 May 2024
HomeNasionalViral, Video 10 TKI Dibuang di Hutan Bakau Sumatera Selatan

Viral, Video 10 TKI Dibuang di Hutan Bakau Sumatera Selatan

Bogordaily.net , 10 telantar di hutan bakau mengaku dibuang beredar di media sosial. Mereka mengaku dibuang agen penyalur tempat mereka mendaftar.

Para Tenaga Kerja Indonesia () itu mengaku hilang arah, tidak tahu sedang berada dimana. Beberapa dari mereka ada yang mengaku tak mengenal tempat dimana mereka dibuang itu. Namun yang pasti mereka berada di hutan bakau.

Melalu video itu mereka menyebutkan bahwa lokasi itu berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan.

Dalam potongan video yang tersebar pada Minggu (8/5/2022) oleh akun Tiktor @TeukuUmri, seorang wanita merekam kondisi teman-temannya yang sedang duduk di pohon bakau.

Terhitung kurang lebih 10 orang dalam video tersebut. “Kami di buang di tempat ini, nah, entah apa nama tempat ini kami pun gak tau,” ujar perekam video tersebut.

Terdengar sautan kecil dari seorang pria di dalam video tersebut setelah wanita perekam menjelaskan kondisi mereka. “Pulau Geronggang, Rantau Prapat,” ucapnya.

Wanita tersebut kembali mengulang lokasi yang disampaikkan rekannya. “Kami masih di Pulau Geronggang, Rantau Prapat. Kami ini bukan binatang loh, kami ini manusia,” lanjut wanita yang merekam.

Dia pun mengungkapkan kekesalan terhadap agen yang menelantarkannya. Dari penjelasannya, pada lokasi tersebut hanyalah sebagian kecil dari calon yang sengaja ditelantarkan.

“Tengok seberapa bejat itu tekong, tengok. Ini kami baru sebagian, yang banyak belum di sini. Entah dimana-mana yang banyaknya, gak tau dimana,” jelasnya.

Ia pun menceritakan saat sampai di lokais tersebut pada pukul 1 malam. Mereka tahu nama lokasi tersebut dari seorang nelayan yang sedang melintas.

“Ini pulau, pulau bakau entah apa. Kami sampai disini pukul 1 malam, dan sekarang kami baru sampai di tepi pantai ini. Sampai tepi pantai kami jumpa sama nelayan yang mengambil kayu bakau,” sampainya.

Dari nelayan tersebut mereka mengetahui kalau masih berada di Indonesia. “Di situlah kami tanya, bapak itulah yang mengatakan tempat ini masih di Indonesia, masih di Sumatera,” tandasnya.

Lokasi Rantau Prapat berada di Sumatera Utara, sementara Pulau Geronggang terdapat di Sumatera Selatan.

Dikonfirmasikan hal ini, Kasubbag Humas Polres OKI, AKP Ganda Manik mengatakan berita tersebut baru diketahuinya.

“Kalau di OKI ini Pulau Geronggang nama desa itu, lokasinya di dekat sungai bukan laut. Lokasinya di Pedamaran. Tapi ini kita coba konfirmasi dulu ke Kapolsek sana,” ujarnya seperti dikutip dari Suara.com, Senin 9 Mei 2022.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here