Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaWajib Tahu! Ini Penyebab Umum Munculnya Bintik Putih di Lidah

Wajib Tahu! Ini Penyebab Umum Munculnya Bintik Putih di Lidah

Bogordaily.net– Pernahkah Anda terdapat bintik putih? Ya, bintik putih di sering terjadi karena berbagai penyebab. Di antaranya cedera saat mengunyah hingga kondisi serius seperti kanker. Beberapa jenis bintik putih di mungkin lebih sering muncul pada orang dengan sistem kekebalan terganggu. Sebagaimana dilansir Suara.com dari Insider, berikut beberapa kemungkinan penyebab bintik putih di :

Cedera

Seseorang yang memiliki gigi dengan tepi yang sangat tajam atau terbiasa mengunyah di sisi , dapat membuat jaringan menumbuhkan lapisan pelindung yang lebih tebal.

“Seperti kapal di kaki Anda,” kata asisten profesor klinis kedokteran mulut di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Michigan, Felipe Nor. Ini akan terasa sakit ketika orang tersebut menggigit dan menyebabkan trauma atau cedera, umumnya akan muncul sariawan.

Lichen planus

Lichen planus oral merupakan kondisi peradangan kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan menyerang sel-sel di selaptur lendir mulut. Tanda dari lichen planus oral adalah munculnya bercak putih yang terlihat seperti renda di atau bagian dalam pipi. Kondisi ini paling sering terjadi pada wanita paruh baya dan orang-orang dengan gangguan kekebalan.

Human papillomavirus (HPV)

HPV adalah infeksi menular seksual yang dapat memengaruhi beberapa organ selain alat kelamin, seperti mulut dan tenggorokan. Ini biasanya menular dari ciuman atau memberi seks oral kepada orang yang terinfeksi virus. “Di , HPV dapat bermanifestasi sebagai lesi seperti kembang kol putih,” sambung Nor.

Kandidiasis

Kandidiasis merupakan infeksi yang menyebabkan pertumbuhan berlebih ragi, sejenis jamur, di mulut. Hal ini umum terjadi pada orang yang merokok atau memiliki mulut kering. Orang yang mengalami gangguan kekebalan juga berisiko lebih tinggi terkena kandidiasis.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here