Penyebab Umum Munculnya Bintik Putih di Lidah

Menu

Mode Gelap
Geger! Instagram Mendiang Vanessa Angel Mendadak Hilang Tok! Lin Che Wei Resmi Jadi Tersangka Kasus Mafia Minyak Goreng Jangan Telat, Yuk Daftar Gelombang 3 TA 2022/2023 Sekolah Bosowa Bina Insani Bogor! Presiden Jokowi Beri Bantuan untuk Warga dan PKL di Pasar Cibinong Asyik! Mulai Hari Ini, Jokowi Izinkan Buka Masker di Ruang Terbuka

Kesehatan · 13 Mei 2022 22:52 WIB

Wajib Tahu! Ini Penyebab Umum Munculnya Bintik Putih di Lidah


 Ilustrasi lidah. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net) Perbesar

Ilustrasi lidah. (Shutterstock/Suara.com/Bogordaily.net)

Bogordaily.net– Pernahkah lidah Anda terdapat bintik putih? Ya, bintik putih di lidah sering terjadi karena berbagai penyebab. Di antaranya cedera saat mengunyah hingga kondisi kesehatan serius seperti kanker. Beberapa jenis bintik putih di lidah mungkin lebih sering muncul pada orang dengan sistem kekebalan terganggu. Sebagaimana dilansir Suara.com dari Insider, berikut beberapa kemungkinan penyebab bintik putih di lidah:

Cedera

Seseorang yang memiliki gigi dengan tepi yang sangat tajam atau terbiasa mengunyah di sisi lidah, dapat membuat jaringan menumbuhkan lapisan pelindung yang lebih tebal.

“Seperti kapal di kaki Anda,” kata asisten profesor klinis kedokteran mulut di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Michigan, Felipe Nor. Ini akan terasa sakit ketika orang tersebut menggigit lidah dan menyebabkan trauma atau cedera, umumnya akan muncul sariawan.

Lichen planus

Lichen planus oral merupakan kondisi peradangan kronis yang terjadi ketika sistem kekebalan menyerang sel-sel di selaptur lendir mulut. Tanda dari lichen planus oral adalah munculnya bercak putih yang terlihat seperti renda di lidah atau bagian dalam pipi. Kondisi ini paling sering terjadi pada wanita paruh baya dan orang-orang dengan gangguan kekebalan.

Human papillomavirus (HPV)

HPV adalah infeksi menular seksual yang dapat memengaruhi beberapa organ selain alat kelamin, seperti mulut dan tenggorokan. Ini biasanya menular dari ciuman lidah atau memberi seks oral kepada orang yang terinfeksi virus. “Di lidah, HPV dapat bermanifestasi sebagai lesi seperti kembang kol putih,” sambung Nor.

Kandidiasis

Kandidiasis merupakan infeksi yang menyebabkan pertumbuhan berlebih ragi, sejenis jamur, di mulut. Hal ini umum terjadi pada orang yang merokok atau memiliki mulut kering. Orang yang mengalami gangguan kekebalan juga berisiko lebih tinggi terkena kandidiasis.***

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Redaktur

Baca Lainnya

Sama-Sama Mengganggu Hubungan, Ini Perbedaan Ejakulasi Dini dan Ejakulasi Tertunda

18 Mei 2022 - 22:30 WIB

Apa Itu Virus Hendra, Ketahui Gejala dan Cara Pencegahannya

18 Mei 2022 - 21:36 WIB

Tips Atasi Kulit Belang Akibat Paparan Sinar Matahari

18 Mei 2022 - 18:52 WIB

Atasi kulit Belang

Mengenal 5 Prinsip Stoicisme, Bisa Bantu Hidup Lebih Tenang dan Aman

18 Mei 2022 - 18:06 WIB

Stoicisme

Kaum Rebahan Wajib Tahu! Terlalu Lama Berbaring di Kasur Ini Dampak Buruk Bagi Kesehatan

18 Mei 2022 - 15:44 WIB

Ajaib! 5 Buah Ini Bisa Menurunkan Kolesterol dalam Tubuh

18 Mei 2022 - 13:34 WIB

kolesterol tubuh
Trending di Kesehatan