Wednesday, 15 May 2024
HomeKota BogorWakili Tanah Sareal di Lomba Kesrak Tingkat Kota, Lurah Kencana Optimis Jadi...

Wakili Tanah Sareal di Lomba Kesrak Tingkat Kota, Lurah Kencana Optimis Jadi yang Terbaik

Bogordaily.net – Kelurahan Kencana yang berlokasi di Jalan Lantana Raya, Kecamatan Tanah Sareal, mengikuti lomba (Kesrak) atau Gerakan Keluarga Sehat, Tangguh dan Tanggap Bencana tingkat tahun 2022.

Dalam lomba Kesrak ini dihadiri langsung Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Kadis Dalduk KB) , Rakhmawati, Camat Tanah Sareal Sahib Khan, Lurah Kencana Muslim Yulianto, Ketua LPM hingga para Ketua RT dan RW.

Di sela lomba, Lurah Kencana Muslim Yuliantono mengatakan, lomba Kesrak tahun ini metodenya baru, dimana sebelumnya itu lomba , namun yang sekarang menjadi keluarga sehat, tangguh dan tanggap bencana. Sehingga untuk metode baru ini, Kencana terpilih untuk mewakili kecamatan ke tingkat kota.

“Untuk lomba Kesrak tingkat ini ada 3 kelurahan yang ikut, yaitu kelurahan Mulyaharja, Sukasari dan Kencana. Kami tentunya tidak muluk-muluk, kami hanya ingin memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” ujar Muslim kepada Bogordaily.net, Rabu, 18 Mei 2022.

Kemudian, lanjut Muslim, dalam lomba ini pihaknya hanya mempersiapkan kurang lebih satu bulan, tepatnya sebelum lebaran Idul Fitri. Sementara materi lomba yang diikutsertakan pada lomba ini, Kencana fokus terhadap 3 materi, yaitu pertama kesehatan ibu dan balita, kemudian penanganan lingkungan hidup dan terakhir adalah pasangan usia subur.

“Kita sebagai kelurahan pastinya mensupport semua, mempersiapkan di wilayah, tentunya masyarakat pun berkolaborasi dengan kelurahan, dengan dinas kesehatan, dinas terkait, puskesmas, PLKB, semua RT dan RW untuk mapping apa saja yang harus kita eksplor, kita kembangkan makanya dari 9 failed project yang ditawarkan oleh kota, kita fokus 3 yang tadi disebutkan,” jelasnya.

Selain penilaian dilakukan di kantor kelurahan, kata Muslim, penilaian lomba Kesrak juga dilakukan di wilayah dan pihaknya sudah mempersiapkan wilayah yang akan dinilai oleh tim dari tingkat kota, yaitu wilayah RW05 Kampung KB.

“Jadi selain di sini (kantor kelurahan), nantinya tim penilai akan ke wilayah RW05, yaitu Kampung KB,” pungkasnya.

(Heri Supriatna)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here