Thursday, 25 April 2024
HomeNasionalWarga Digegerkan dengan Kematian Puluhan Ayam Secara Mendadak

Warga Digegerkan dengan Kematian Puluhan Ayam Secara Mendadak

Bogordaily.net – Geger warga Desa Mekar Mulya, Kecamatan Palas, Lampung Selatan, selama sepekan dikejutakan dengan kematian mendadak puluhan ayam secara misterius.

Diketahui setiap harinya, warga menemukan empat hingga enam ayamnya di dalam kandang. Kepala Desa Mekar Mulya, Cahyanto mengatakan bahwa di setiap tahunnya memang sering terjadi penyakit yang menyerang ayam di desanya, namun pada kali ini kematian puluhan ayam tersebut terjadi secara tiba-tiba dan tidak diketahui penyebabnya.

“Seminggu belakangan ini banyak ayam yang di desa kita yang , termasuk ayam saya juga ikut . Kalau penyebabnya belum diketahui,” tutur Cahyanto dalam keterangannya dilihat dari Tribunnews, Rabu, 25 Mei 2022.

Cahyanto menerangkan kematian ayam-ayam tersebut mendadak. Pada sore hari terlihat sehat, namun saat dicek di pagi hari, ayamnya sudah tergeletak. “Termasuk ayam tetangga-tetangga saya juga ada ayamnya yang ,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Cahyanto mengungkapkan gejala yang terjadi pada ayamnya yang sama seperti dengan milik warga desanya, secara mendadak di pagi harinya. “Kemarin saya abis ngobrol-ngobrol sama tetangga juga (ayamnya) banyak yang ,” terang Cahyanto.

“Gejalanya sama, sore kita kasih makan, paginya kita cek ada yang 3-4 ekor. Itu terjadi setiap hari, mulai sehabis Lebaran kemarin,” jelas Cahyanto.

Cahyanto mengaku selama satu pekan terakhir, ayamnya yang sudah hampir mencapai 50 ekor. “Ya namanya penyakit ayam itu kan setiap tahunnya ada,” lanjutnya.

Menanggapi fenomena puluhan ayam yang mendadak, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Lampung Selatan, Rini Ariasih membenarkan hal tersebut. Rini mengatakan bahwa pihaknya sudah mendatangi lokasi untuk melakukan pengecekan.

Rini menuturkan bahwa ayam di Kecamatan Palas sudah tidak ada kematian lagi.

“Terakhir ada ayam yang mati, minggu lalu, tidak ada sample buat diperiksa,” jelas Rini.

Rini meminta kepada para peternak untuk memperhatikan kebersihan kandang agar hewan ternaknya dapat terjaga kesehatannya dengan baik.

“Pengaruh cuaca yang tidak juga dapat menjadi faktor penentu, di mana kalau cuaca sedang panas ekstrem, dapat mempengaruhi suhu di kandang. Serta ayam ternaknya diperhatikan pakannya, jangan sampai kekurangan nutrisi. Demikian juga dengan air minumnya,” tutup Rini.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here