Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaWaspada! 5 Makanan Ini Bisa Memperburuk Keadaan Jerawat

Waspada! 5 Makanan Ini Bisa Memperburuk Keadaan Jerawat

Bogordaily.net– Berbagai faktor menyebabkan timbulya . Tak hanya berasal dari luar saja, tapi faktor dari dalam tubuh juga ikut memberikan pengaruh. Sebab, kesehatan dan kecantikan memiliki kaitan yang sangat erat. Apa yang dikonsumsi oleh tubuh bisa mempengaruhi tampilan Anda. Nah selain melakukan perawatan dari luar, yuk lakukan dari dalam dengan cara memperhatikan pola makan sehat. Melansir Your Say Suara.com dari Skinkraft, berikut beberapa makanan yang dapat menimbulkan masalah :

Susu

Sering mengkonsumsi produk susu dapat meningkatkan peradangan dan kemerahan pada . Menurut Bobby Buka yang merupakan salah satu dokter kulit di New York dan juga CEO dari The Dermatology Specialist, hal ini disebabkan karena susu mengandung hormon pertumbuhan sapi yang dapat larut dalam lemak. Saat mengonsumsi susu, hormon tersebut akan tertinggal di dalam tubuh dan akan bereaksi untuk menyebabkan .

Makanan karbohidrat olahan

Makanan karbohidrat olahan seperti roti, biskuit, sereal, pasta yang dibuat dengan tepung putih memiliki peningkatan risiko untuk menimbulkan . Hal ini dikarenakan karbohidrat dapat diserap dengan cepat ke dalam aliran darah, sehingga dapat meningkatkan kadar gula darah secara cepat.

Ketika gula darah naik, kadar insulin akan meningkat untuk membawa gula darah tersebut keluar dari aliran darah, dan masuk ke sel-sel lain. Insulin dapat membuat hormon androgen lebih aktif, sehingga hal ini dapat berkontribusi pada perkembangan dengan membuat sel kulit tubuh lebih cepat dengan cara meningkatkan produksi sebum.

Buah kering

Buah merupakan makanan wajib yang harus kita konsumsi karena kaya akan vitamin dan nutrisi. Namun, akan berbeda khasiatnya jika diolah menjadi bentuk yang lain. Buah utuh mengandung gula alami, sedangkan buah yang dikeringkan akan memiliki kandungan gula yang lebih pekat. Mengonsumsi gula dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan produksi minyak dan peradangan yang akan berkontribusi menimbulkan . Oleh karena itu, lebih baik memakan buah secara langsung daripada dalam bentuk olahan lainnya.

Junk food

Junk food atau makanan cepat saji seperti burger, hot dog, soda, dan lain sebagainya, memang dikenal sangat tidak baik bagi kesehatan. Makanan cepat saji termasuk ke dalam jenis karbohidrat olahan, dimana kandungan gulanya lebih tinggi dan nilai gizinya lebih rendah. Karbohidrat olahan seperti junk food dapat menyebabkan peningkatan gula darah dan insulin, sehingga akan menyebabkan peradangan serta peningkatan sebum yang berujung menjadi

Makanan kaya akan lemak omega-6

Makanan kaya akan omega-6 seperti jagung dan kedelai, dapat mendorong tubuh untuk mengalami inflamasi yang dapat memperburuk keadaan . Sebaliknya, omega-3 justru dapat mengurangi peradangan karena mengandung anti inflamasi, yang dapat mengurangi kemerahan pada .***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here